Cek Fakta Rusia Tangkap 19 Terduga Teroris Terkait Pendirian Negara Islam

Ilustrasi Foto : detik.com

 

Sebanyak 19 terduga teroris diamankan Rusia terkait pendirian negara Islam. Diketahui, terduga teroris tersebut diduga berencana melakukan serangan di wilayah Kaukasus Utara untuk mendirikan negara Islam.

 

Seperti dikutip dari laman AFP, Kamis (18/2/2021), Dinas Intelijen Rusia FSB bahkan telah melakukan penggerebekan di empat wilayah. Adapun para terduga teroris itu dianggap melakukan propaganda ideologi negara Islam.

 

“Selain telah menyebarkan propaganda ideologis dan merekrut pengikut baru, mereka juga telah merencanakan tindakan sabotase dan serangan teror di Kaukasus Utara,” kata Badan Intelijen Rusia FSB.

 

Diungkapkan oleh Badan Intelijen Rusia FSB, bahwa sebanyak 19 terduga teroris itu berasal dari kelompok Takfir Wal-Hijra. Adapun dalam penggerebekan tersebut, petugas turut mengamankan rompi berisi bahan peledak, rangkaian bom dan senapan otomatis.

 

Sementara pihak berwenang Rusia secara rutin mengumumkan operasi untuk membasmi sel-sel yang dicurigai sebagai kelompok radikal. Terutama di bagian selatan Rusia dan Republik Chechnya yang mayoritas Muslim.

 

Di sisi lain, pejuang HAM menyebut Kepala Otoritas Republik Chechnya, Ramzan Kadyrov menggunakan isu Islamisme untuk membungkam perbedaan pendapat. Adapun Ramzan sendiri dilantik atas penunjukan dari Presiden Putin.

 

Bahkan, kepala otoriter kawasan itu, Ramzan Kadyrov juga dituduh oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia menggunakan ancaman Islamisme untuk membasmi perbedaan pendapat. Sementara Putin mulai melakukan represi terhadap pemberontak Islam di Chechnya pada 1999.