Hadiri Forum Internasional C40 Cities, Anies Baswedan Banggakan Capaian di Bidang Transportasi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto : Youtube/Pemprov DKI Jakarta

 

Dalam forum internasional C40 Cities, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan turut menjadi salah satu pembicara. Diketahui dalam forum tersebut, Anies turut mengungkapkan pencapaiannya di bidang transportasi.

 

Seperti dikutip dari laman detik.com, Kamis (18/2/2021), forum ini digelar secara virtual dan dihadiri oleh sejumlah tokoh. Dimana, salah satunya Gubernur Tokyo, Koike Yuriko. Adapun C40 sendiri merupakan jaringan kota besar di dunia yang berkomitmen untuk mengatasi perubahan iklim.

 

Pada awalnya, Anies menyatakan kota-kota di dunia telah mengalami penurunan di berbagai sektor akibat Covid-19. Akan tetapi, Anies mengklaim selama pandemi Jakarta berhasil menyelesaikan permasalahan transportasi dan mobilitas warga. Salah satunya yakni keluar dari 10 kota termacet di dunia.

 

“Pada masa pandemic Covid-19 ini, Jakarta juga berhasil mengambil momentumnya dengan sukses mencapai beberapa tonggak masalah transportasi dan mobilitas. Antara lain kami sudah lama dianggap sebagai salah satu dari 10 kota teratas yang paling macet di dunia menurut indeks lalu lintas TomTom 2020. Faktanya kami turun ke posisi 31,” kata Anies Baswedan dalam Forum C40 Cities bertajuk Suistainable Recorvery:Time To Act, Rabu (17/2/2021) kemarin.

 

Tak hanya itu, Anies juga menyampaikan terjadi peningkatan terhadap minat warga Jakarta untuk bersepeda hingga 10 kali lipat. Bahkan, dia juga mendorong warga DKI untuk menjadikan sepeda sebagai alat transportasi.

 

“Kemudian yang kedua, jumlah pengendara sepeda di Jakarta mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Di beberapa daerah bahkan meningkat sepuluh kali lipat. Bahkan, kami telah mendorong orang untuk mengubah pola pikir mereka tentang bersepeda. Yakni dari olahraga atau hiburan menjadi transportasi. Tentu ini adalah transformasi sederhana, tetapi mengubah cara kita memandang bersepeda,” jelasnya.

 

Dalam pengakuannya, Anies mengaku Pemprov DKI tengah mempersiapkan jalur sepeda sepanjang 500 kilometer serta penambahan fasilitas penunjang lainnya. Adapun semua ini dilakukan demi mendukung minat warga DKI Jakarta dalam bersepeda.

 

Kami telah menetapkan 96 kilometer jalur sepeda yang didukung oleh 52 tempat berbagi sepeda. Dan kami juga merencanakan sekitar 500 kilometer jalur sepeda. Semua upaya ini dilakukan dengan kolaborasi. Yakni dengan melibatkan LSM, sektor privat, perguruan tinggi, bahkan individu warga. Mereka secara aktif terlibat, terlibat, dalam pembangunan kota,” ucapnya.

 

Dan yang terakhir, Anies turut melaporkan bahwa saat ini Jakarta sedang berupaya mengurangi emisi gas rumah kaca demi mengatasi perubahan iklim. Bahkan, dia juga meminta seluruh pihak untuk bisa berkolaborasi dalam mewujudkannya.

 

Sebagai wakil ketua C40, saya menegakkan komitmen kami dan menyampaikan undangan kami untuk lebih lanjut berkolaborasi dengan anda semua. Yakni dalam upaya kami mencapai target nol emisi bersih pada tahun 2050 dan mengurangi 50 persen emisi gas rumah kaca pada tahun 2030. Kemudian, Jakarta kami juga telah belajar dari inisiatif yang datang dari berbagai kota global. Bahkan, kami telah belajar dari Tokyo, Paris, Brussel, Medellin, dan banyak kota lainnya,”ujarnya.

 

“Dengan adanya semangat itulah, kami menyampaikan keinginan kami untuk bergandengan tangan dengan Anda semua. Juga untuk menyatakan bahwa sekaranglah saatnya untuk bertindak demi mobilitas yang berkelanjutan. Yakni untuk ketahanan perkotaan, dan untuk kolaborasi yang kuat,” lanjutnya.