Cek Fakta Beredar Vaksin Covid-19 Palsu di China Berisi Air Garam

Ilustrasi Foto : iStock

 

Baru-baru ini, Otoritas China berhasil menangkap komplotan sindikat pemalsu vaksin Covid-19 beromzet miliaran rupiah. Adapun sindikat ini bahkan telah menghasilkan US$ 3 juta atau sekitar Rp 42 miliar dari penjualan vaksin palsu mereka.

 

Seperti dikutip dari laman detik.com, Jumat (19/2/2021), pria yang diidentifikasi bernama Kong ini turut berperan sebagai ketua sindikat tersebut. Dimana, dia bahkan sebelumnya sempat meneliti desain kemasan vaksin asli sebelum membuat sekitar 58 ribu duplikat di rumahnya sendiri.

 

Sementara itu, sejumlah vaksin palsu yang Kong produksi ini turut diselundupkan ke luar negeri. Akan tetapi, hingga kini belum diketahui negara mana saja yang menjadi penerimanya.

 

Di pihak lain, Kejaksaan Agung China mengatakan bahwa Kong dan rekannya telah mengisi 58 ribu jarum suntik berisi saline water atau larutan air garam dan menjualnya di seluruh China. Adapun Kong diketahui telah ditangkap pada 25 Desember 2020. Yakni dengan membual kepada pelanggan bahwa dia mendapatkan dosis vaksin dari produsen melalui ‘orang dalam’.

 

Berdasarkan laporan Media Global Times, dalam satu kasus di November lalu, Kong menjual sekitar 2.000 vaksin palsu kepada tersangka lain bernama Li. Yakni dengan harga 1,04 juta yuan atau sekitar Rp 2 miliar.

 

Selanjutnya, Li mengirimkan 600 dari dosis tersebut secara internasional melalui Hong Kong pada 12 November. Dia kemudian mendapatkan keuntungan US$ 140 ribu.

 

Bahkan, BBC juga melaporkan bahwa beberapa vaksin palsu telah dijual ke rumah sakit di China dengan harga yang melambung tinggi. Adapun beberapa penipu bahkan telah menyewa “dokter desa” untuk memberikan vaksin palsu kepada orang-orang di dalam mobil mereka.