Alasan Pangeran William Kesal dengan Sikap Harry ke Ratu Elizabeth II

Pangeran William dan Harry. Foto : AFP

 

Keputusan dan sikap Harry kepada Ratu Elizabeth II belakangan ini membuat Pangeran William justru merasa tidak senang. Hal ini lantaran sikap Harry yang menyatakan enggan kembali ke dalam keluarga Kerajaan Inggris yang berakibat semua gelar dan jabatannya dicabut.

 

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, Senin (22/2/2021), Pangeran William mengaku “amat sedih dan amat terkejut” dengan sikap adiknya tersebut. Bahkan, Istana Buckingham menyatakan pada Jumat (19/2/2021) bahwa Harry dan Meghan Markle memutuskan tidak akan kembali sebagai anggota keluarga Kerajaan aktif.

“Ratu telah menulis konfirmasi bahwa dengan mundur dari pekerjaan sebagai anggota keluarga Kerajaan tidak mungkin untuk melanjutkan tanggung jawab dan tugas yang akan datang untuk melayani publik,” lanjut Istana.

 

Diketahui, pernyataan tersebut tepat setahun setelah Harry dan Meghan memutuskan untuk keluar Istana dan mencoba hidup mandiri. Dan tak lama setelah pengumuman Istana Buckingham, Harry turut merespons pernyataan Ratu dengan “kita semua bisa hidup melayani. Pelayanan bersifat universal”.

 

Hal itulah yang membuat Pangeran William disebut tak senang dengan sikap Harry tersebut. Adapun menurut sumber dekat William kepada The Sunday Times, dia mengaku “amat kesal dengan apa yang terjadi”.

 

“Sikap Harry dan Meghan itu menghina dan tidak menghargai. Kau tak [semestinya] menjawab Ratu,” kata sumber lain.

 

Di samping itu, teman-teman dari kakak-adik itu mengatakan kepada media Inggris tersebut bahkan setelah situasi terkini, mereka yakin bahwa William dan Harry masih terbuka. Yakni untuk saling memperbaiki hubungan mereka yang disebut merenggang.

 

Dan masih rapuh. Dia [William] amat kesal dengan apa yang terjadi, meski jelas terlihat bahwa hubungan dia dan Harry akan pulih pada waktunya,” lanjut teman William itu.

 

Bahkan, pernyataan yang tersiar menunjukkan keputusan Harry dan Markle untuk meninggalkan Kerajaan Inggris sepenuhnya sudah bulat. Adapun Ratu Elizabeth II sendiri dijadwalkan untuk mengumumkan detail keputusannya pada 31 Maret.

 

Sementara saat ini, Harry masih memegang sejumlah peran. Di antaranya yakni di Rugby Football Union, the Rugby Football League, London Marathon, dan militer. Sedangkan Meghan masih memegang peranan di National Theatre.

 

Diberitakan sebelumnya, Harry menyebut ia sangat ingin mempertahankan peran patronasi di militer. Menurut seorang sumber dekat Kerajaan menyatakan apa pun keputusan Elizabeth, “Harry akan selalu menjadi duta yang hebat untuk negaranya.”

 

Bahkan, sumber itu mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II menganggap anggota senior Kerajaan Inggris tak boleh “setengah di dalam, setengah di luar.” Dia juga tidak ingin ada anggota senior kerajaan yang masih mewakili Ratu dan Inggris, tapi juga mengejar tujuan finansial pribadi.