Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia dan China!

Rancah.com – Terlepas dari segala sentimen yang ada, memang harus diakui kalau militer Tiongkok hari ini benar-benar mendewa. Dulu mereka dibikin seperti bocah oleh Jepang, namun beberapa waktu kemudian Tiongkok bangkit dan perlahan menjadi seperti yang sekarang. Saat ini mereka berada di posisi 3 dunia dan kemungkinan masih bisa meringsek naik mengalahkan AS dan Rusia.

Tak hanya Tiongkok, Indonesia juga mengalami kenaikan kemampuan militer secara drastis. Hanya saja kita belum mampu menjadi seraksasa si Negeri Tirai Bambu. Hari ini kalau dibandingkan antara kita dan Tiongkok, maka hasilnya akan sangat jauh sekali. Ibaratnya seperti ikan cupang dan paus. Tidak bermaksud mengecilkan negara sendiri, tapi memang seperti inilah faktanya.

1. Jumlah Tentara Aktif Kita Tidak Ada Apa-Apanya
Berbicara soal perbandingan jumlah tentara, jelas Indonesia tak ada apa-apanya dengan Tiongkok. Bagaimana tidak, si negeri tirai bambu ini adalah negara dengan penduduk terbanyak di muka Bumi. Logikanya, mereka tentu punya banyak sekali stok tentara. Global Fire Power menuliskan jika saat ini setidaknya ada 2.335.000 tentara aktif yang dimiliki si negeri panda.

Berbanding dengan kita, Indonesia sekarang memiliki 476.000 tentara. Selisihnya dengan Tiongkok hampir 2 juta orang. Meskipun kalah kuantitas, tapi kalau kualitas kita bisa bicara banyak. Seperti yang kamu tahu, tentara kita luar biasa dan punya prestasi. Belum lagi para serdadu elit yang mematikan itu. Tiongkok menang jumlah, tapi dalam hal kemampuan kita bisa dibilang lebih unggul.

2. Alutsista Darat Tiongkok Jumlahnya tak Karuan
Tak hanya unggul jumlah tentara, Tiongkok juga mendominasi kita lewat alutsista darat yang mereka miliki. Misalnya tank, coba tebak berapa yang mereka punya hari ini? Jawabannya adalah 9.150 unit. Jumlah ini begitu besar bagi Indonesia yang hanya punya 468 tank saja.

Kendaraan tempur pun demikian, Tiongkok hari ini memiliki sekitar 4.788 ranpur. Untuk kendaraan perang mereka ini, diketahui kualitasnya sama seperti Humvee-nya Amerika yang legendaris dan tahan banting itu. Untuk kendaraan tempur, Indonesia hanya memiliki 1.089 buah saja.

3. Kondisi alutista kedua negara berdasarkan ranking GFP (Global Fire Power)
Menilik peringkat berdasarkan Global Fire Power (GFP) untuk wilayah Asia secara keseluruhan, China lagi-lagi lebih unggul dibandingkan Indonesia, masing-masing negara itu berada di urutan kedua dan sembilan. Untuk armada pertahanan laut, Total 714 buah alutista dimiliki oleh China, dengan rincian 2 kapal induk, 52 frigates, 33 perusak, 42 corvettes, 76 kapal selam, 26 kapal patroli, 33 penyapu ranjau, dan personel AL sebanyak 290,000 personil (data 2007) yang dilansir dari Globalsecurity.org.

Duduk di peringkat sembilan, Indonesia memiliki total 221 alutsista untuk menjaga kedaulatan lautnya. Rinciannya adalah, 8 frigates, 24 corvettes, 5 kapal selam, 139 kapal patroli, 11 penyapu ranjau, serta didukung dengan estimasi jumlah personel AL sebanyak 65.190 personel militer (data bulan Desember 2014). Angkatan laut China unggul telak dari segi jumlah alutista yang ada.

Itu dia 3 perbedaan kekuatan Militer Negara kita Indonesia dan China, sangat jauh ya.. tapi, kita jangan takut kepada china, karena kita harus membela wilayah NKRI walau hanya sejengkal jari!