Tewasnya Tiga Korban Jiwa Dalam Kegiatan Pembagian Sumbangan di Sri Lanka

Ilustrasi Foto : stockphoto/RichLegg

 

Dikutip dari CNN Indonesia (23/5/2020), pembagian sumbangan sebesar US$8 atau sekitar Rp119 ribu untuk penduduk yang terdampak virus Covid-19, yang dilakukan seorang dermawan setempat di ibu kota Colombo, Sri Lanka pada Kamis (21/5/2020) kemarin mengakibatkan tiga perempuan tewas terinjak-injak.

Menurut anggota parlemen Sri Lanka, Mujibur Rahman mengatakan, jika sebanyak 1.000 orang rela mengantri di luar gudang milik seorang pengusaha yang membagikan penghasilan tahunannya selama bulan Ramadhan sebesar 1.500 rupee atau setara dengan upah harian buruh.

“Beberapa orang mencoba menerobos antrian dan memaksa masuk, saat itulah para wanita di puncak antrian terjatuh dan terinjak-injak hingga meninggal,” ungkap Rahman.

Di antara ribuan orang yang mengantri, sembilan orang lainnya yang berada di kericuhan tersebut mengalami luka parah dan dilarikan ke rumah sakit.

“Masyarakat tidak mendapatkan upah selama dua bulan akibat lockdown (untuk mengendalikan) virus (sejak 20 Maret), masyarakat putus asa. Ketika mereka mendengar tentang sumbangan (yang dibagikan) hari ini,” ujar Rahman.

Menurut keterangan dari Kepala Kepolisian Colombo, Deshabandu Tennakoon mengatakan, jika akibat dari peristiwa tersebut pengusaha beserta kelima asistennya telah ditangkap.