Terharu, Inilah Isi Surat Yang Ditulis Anak-Anak di Solo Untuk Wali Kota

Suasana Penyerahan Hadiah Lomba Menulis Surat Cinta Kepada Wali Kota dan Vlog Competition. Foto : Merdeka.com


 

Dalam acara Penyerahan Hadiah Lomba Menulis Surat Cinta Kepada Wali Kota dan Vlog Competition di kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Solo, yang digelar pada Senin (14/9/2020), rupanya turut dihadiri oleh Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

 

Diketahui dari hasil lomba tersebut, sebagian besar anak-anak rupanya merindukan kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah. Wali Kota juga mengungkapkan hal yang sama seperti dalam isi surat dari para peserta tersebut.

  

“Saya pun rindu ketemu anak-anak, karena setiap kali saya mengecek perbaikan sekolah, anak-anak tidak ada di sana, yang ada hanya bapak ibu guru,” katanya seperti dikutip dari laman Merdeka.com, Selasa (15/9/2020).

 

Dalam pengakuannya, Rudy mengaku mengambil keputusan yang berat ketika harus meliburkan sekolah untuk belajar di rumah. Mengingat hal ini dilakukan sebagai upaya dalam menekan penularan penyebaran virus Covid-19.

 

“Yang namanya mengambil keputusan, itu resikonya besar. Yang namanya perjuangan, itu butuh pengorbanan,” ujarnya.

 

Ketika dia memutuskan wilayah Solo dalam kondisi Kejadian Luar Biasa (KLB) pada 13 Maret lalu, hal itu bukan tanpa alasan dilakukan yakni hanya untuk menyelamatkan generasi penerus, mulai dari SD, SMP, dan SMK. Rudy mengatakan, bahwa saat ini Pemerintah Kota Solo sudah menyiapkan media pembelajaran berupa radio dan televisi pendidikan.

 

“Kenapa saya buat radio dulu, karena anak-anak saya minta untuk menjadi pendengar yang baik dulu. Setelah itu anak-anak nanti akan saya ajak untuk menjadi pengamat yang baik, baru berbuat,” imbuhnya.

 

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Solo, Sis Ismiyati menyampaikan, bahwa lomba tersebut diadakan untuk menumbuhkan inovasi dan kreativitas anak serta dapat meningkatkan budaya dan minat baca tulis anak. Tak hanya itu, lomba ini juga diadakan untuk menjawab surat terbuka Wali Kota nomor 800/767, tanggal 8 April 2020 perihal tetap belajar di rumah.

 

“Lomba ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan kewaspadaan terhadap pandemi covid-19. Sehingga anak-anak dapat menerapkan pola hidup sehat sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah,” pungkasnya.