Catat, Pemerintah Berencana Patok Standar Harga Tes PCR

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto. Foto : ANTARA


 

Baru-baru ini, beredar kabar jika pemerintah berencana akan mematok standar harga tes PCR. Terkait harga tes dalam rangka deteksi penyakit virus Covid-19, pemerintah saat ini masih melakukan kajian dan evaluasi.

 

Dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (14/9/2020), Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, bahwa pemerintah juga tengah membahas pengadaan tes PCR yang akan dilakukan oleh lembaga nonpemerintah. Hal ini mengartikan, bahwa swasta dan klinik akan diikutsertakan dalam tes PCR untuk masyarakat.

 

“Kementerian Kesehatan kan mereview, mengevaluasi, dan akan menetapkan harga jasa tes PCR tersebut,” ungkapnya dalam konferensi pers secara virtual.

 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito sebelumnya telah menyebut, jika harga tes PCR ini dilakukan dengan keterlibatan berbagai pihak. Mulai dari penyelenggara, urusan bidang kesehatan, termasuk penyelenggara kesehatan, Kementerian Kesehatan, serta provider dari PCR.

 

“Setelah dirumuskan, kami akan secara transparan kepada publik dan menetapkan pada laboratorium-laboratorium penyelenggara testing PCR tersebut,” katanya.

 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, harga tes PCR di berbagai fasilitas kesehatan saat ini terbilang masih bervariasi antara satu dengan lainnya. Penyebab bervariasinya harga tersebut, dikarenakan adanya masalah keterbatasan stok reagen di lapangan.