Besok Ribuan Mahasiswa Akan Orasi Di Depan Istana Presiden, BEM: Kami Akan Membaur Dengan Masyarakat …

Rancah.com – Para pendemo tolak Undang-Undang Cipta Kerja direncanakan Besok 8/10/2020 direncanakan akan melakukan aksi di depan Istana Merdeka. Setidaknya 5000 massa dari 300 kampus seluruh Indonesia direncanakan akan bergabung dalam aksi ini, para mahasiswa juga direncanakan akan membaur dengan masyarakat umum, para pekerja dan para aksi lainnya.

“Kami dari Aliansi BEM SI akan melaksanakan aksi nasional yang dilaksanakan terpusat di Istana Merdeka pada 8 Oktober 2020 dan akan ada aksi serentak menuju tanggal 8 Oktober 2020 di wilayah masing-masing, Ditaksir lebih dari 5.000 mahasiswa dari 300 kampus. Kita akan melebur dengan seluruh masyarakat yang akan unjuk rasa di titik yang sama, yaitu di Istana,” kata Koordinator Media Aliansi BEM SI Andi Khiyarullah ketika dihubungi, Selasa (7/10/2020).

Andi menegaskan bahwa aksi demo di Depan Istana Merdeka Jakarta telah direncanakan pada 5 oktober lalu dan sudah di konsolidasikan dengan seluruh kampus di Indonesia.

“Pada Senin, 5 Oktober 2020, kami dari Aliansi BEM SI melakukan konsolidasi nasional untuk membahas perihal situasi di wilayah masing-masing dan rencana ke depan mengenai disahkannya omnibus law. Konsolidasi kali ini berlangsung dimulai pukul 20.15-22.40 WIB dengan dihadiri beberapa wilayah, mulai Sumbagut, Sumbagsel, Jabar, Jateng-DIY, BSJB, Jatim, Kaltimsel, Kaltim, Kaltengbar, Balinusra,” ujarnya.

Andi mengatakan BEM SI akan menolak UU Cipta Kerja dan menolak opsi alternatif untuk menempuh jalur judicial review (JR). Pihaknya juga akan mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan perppu.

“Secara narasi, kita sepakat menolak dan mengusahakan alternatif lain seperti JR dan mendesak Presiden untuk mengeluarkan perppu,” ujarnya.

Sementara itu para massa buruh juga dikonfirmasi akan melakukan aksi mogok kerja nasional hari ini, sementara untuk 8 oktober besok, aksi buruh disebutkan akan turun ke jalan dan melakukan aksi.

“Hari ini kita aksi di daerah dan kota masing-masing ada yang di pemda, di kawasan, ini dilakukan serentak,” kata Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia Nining Elitos saat dihubungi, Selasa (6/10/2020).