Jokowi: UU Cipta Kerja Akan Perbaiki Kehidupan Jutaan Buruh

 

Rancah.com –  Setelah aksi demo yang diwarnai kerusuhan dibeberapa tempat yang menyatakan menolak UU Cipta Kerja, akhirnya Presiden Jokowi angkat bicara dan tampil di publik dan menerangkan tentang kebaikan UU Cipta Kerja yang direncanakan pemerintah. Jokowi menegaskan bahwa dengan hadirnya UU Cipta Kerja Pemerintah yakin akan memberikan manfaat besar bagi para jutaan pekerja maupun pencari kerja, dan bukan sebaliknya.

Pemerintah berkeyakinan melalui UU Cipta kerja ini, jutaan pekerja dapat memperbaiki kehidupannya dan juga penghidupan bagi keluarga mereka,” ujar Jokowi dalam konferensi pers virtual yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 9 Oktober 2020.

Dalam keterangan PERS yang disiarkan kepada publik melalui Channel youtube Official Kepresidenan, Jokowi mengatakan bahwa unjuk rasa penolakan UU CIpta kerja yang dilakukan para buruh merupakan hasil dari disinformasi masyarakat serta dipengaruhi oleh hoax yang dibuat lalu menyebar dengan cepat.

“Saya melihat adanya unjuk rasa penolakan UU Cipta kerja pada dasarnya dilatarbelakangi oleh disinformasi mengenai substansi dari undang-undang ini dan hoax di media sosial,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa salah satu contoh Hoax yang beredar adalah tentang mudahnya bagi Perusahaan kedepannya untuk lakukan PHK sepihak kepada para karyawannya. Jokowi menegaskan hal itu tidaklah benar.

“Apakah perusahaan bisa PHK kapan pun secara sepihak? Ini juga tidak benar. Yang benar perusahaan tidak bisa mem-PHK secara sepihak,” ujar Jokowi.