Masih Ada Demo Tolak UU CIpta Kerja, Presiden Perintahkan Ini Ke Menteri

Rancah.com – Masih ada demo tolak UU Cipta Kerja yang digelar beberapa kelompok massa hari ini, 12 Oktober 2020. Dan Direncanakan Ormas seperti PA 212 dan lainnya juga direncanakan akan turun kejalan dan melakukan aksi.

Menanggapi hal ini, Presiden Jokowi memberikan instruksi kepada Para menterinya untuk mewanti-wanti agar jangan sampai Demo menimbulkan klaster penyebaran baru covid-19 seperti diutarakan oleh Menteri Airlangga Hartarto.

“Arahan Presiden, perlu diingatkan ke masyarakat bahwa sekarang masih pandemi Covid. Sehingga, kegiatan unjuk rasa (agar) tidak membawa klaster demo baru. Itu yang diingatkan pemerintah,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat bersama Presiden Jokowi secara virtual, Senin (12/10/2020).

Diketahui sejumlah kelompok massa masih terus melakukan aksi penyampaian aspirasinya hari ini Senin 12 oktober 2020. Dalam kesempatan itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia itu mengatakan bahwa meskipun harus turun kejalan namun setiap warga masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan standart yang dilakukan. Jangan sampai karena demo ini nantinya bisa memperparah penyebaran virus Corona.

“Sekali lagi, kegiatan-kegiatan demo atau unjuk rasa jangan menjadi klaster pandemi baru,” kata Airlangga.

Doni Monardo selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19  mengingatkan bahwa masyarakat yang melakukan unjuk rasa tanpa memperhatikan protokol kesehatan bisa saja tertular Covid-19 dan menularkannya ke orang terdekat.

Karena Covid-19 ini ditularkan bukan oleh hewan seperti flu babi dan flu burung, tetapi oleh manusia. Dan yang menularkan kepada manusia lainnya bukanlah orang yang jauh tetapi orang terdekat kita. Keluarga kita, teman sekerja, dan orang-orang yang dekat dengan kita,” katanya.