Wacana Provinsi Jawa Barat Diganti Menjadi Provinsi Sunda

Provinsi Jawa Barat (Jabar) diwacanakan akan berganti nama menjadi Provinsi Sunda atau Tatar Sunda. Wacana ini muncul bermula dari forum diskusi “Dialog Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda,” di Perpustakaan Ajip Rosidi, Kota Bandung, Jawa Barat, pada hari Senin (12/10).

Dalam forum diskusi tersebut, anggota DPD perwakilan Jawa Barat, Eni Sumarni mempermasalahkan sejarah masa lalu mengenai tatar Sunda. Sehingga dari pembahasan ini muncul wacana nama Provinsi Jawa Barat diganti menjadi Provinsi Sunda.

Seperti yang dilansir dari detik.com, Eni mnyampaikan kekhawatirannya mengenai nama Sunda jika tidak digunakan akan dilupakan dalam masyarakat.

“Nama Sunda dari dulu ada di peta dunia, saya khawatir bila nama ini tidak digunakan, Sunda bisa tergerus dan semakin menghilang. Kita dukung para tokoh Sunda yang ingin mengembalikan nama Sunda ke provinsi,” kata Eni dalam diskusi tersebut.

Eni menjelaskan bahwa Sunda tidak hanya di tatar Pasundan, dahulu tatar Sunda ada wilayah yang bernama Sunda Besar dan Sunda Kecil. Eni berharap dari wacana ini supaya nama Sunda jangan sampai dilupakan bahkan hilang di dunia internasional atau dikalangan masyarakat Indonesia sendiri.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua SC Kongres Sunda Andri Perkasa Kantaprawira akan mengirimkan surat resmi kepada Presiden Joko Widodo. Surat resmi ini dikirimkan terkait pergantian nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda atau Tatar Sunda. Dalam penjelasannya hal pergantian nama tersebut sudah disampaikan kepada Gubernur.

“Gubernur Jawa Barat sudah disurati oleh kang Adji Esha (ketua perubahan nama), tetapi jawabannya meminta survei dulu. (penggantian nama) ini kan bukan soal popularitas, ini bukan pemilu. Kita akan lompati saja, nanti kita surati saja presiden,” ujar Andri.