Terjepit di Antara Kapal di Pelabuhan Merak, Penumpang Kapal Tewas Terjatuh

Detik-detik Penumpang Kapal Feri Tewas terjatuh di Pelabuhan Merak. Foto : Istimewa

 

Penumpang KMP Rajarakata bernama Tariyah (75) yang merupakan warga Desa Sobang, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, dinyatakan tewas usai terjatuh di Dermaga III di Pelabuhan Merak, pada Jumat (16/10/2020) kemarin.

 

Dikutip dari laman Merdeka.com, Sabtu (17/10/2020), korban diketahui terjatuh saat hendak menaiki KMP Rajarakata melalui jembatan penumpang atau gangway di Dermaga III Pelabuhan Merak. Ketika itu, korban terjatuh dan terjepit di antara badan kapal dan fender dermaga hingga akhirnya tewas.

 

“Dari keterangan para saksi yang didapatkan, KMP Rajarakata saat itu sedang melakukan sandar untuk proses bongkar dan muat orang atau barang di Dermaga III Pelabuhan Merak. Ketika muat penumpang jalan kaki di jalur gangway mau naik ke kapal, namun korban terjatuh,” kata Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono.

 

Berdasarkan keterangan para saksi, Sigit mengungkapkan bahwa ramdor khusus pejalan kaki tersebut tidak menempel ke raling kapal. Akibatnya ada celah rongga di antara ramdor dan kapal.

 

“Adanya rongga tersebut menyebabkan korban terjatuh hingga mengalami luka. Akibatnya, korban dinyatakan meninggal di dalam perjalanan ke Rumah Sakit Krakatau Medika Cilegon,” ujarnya.

 

Ketika ditanya terkait tewasnya penumpang KMP Rajarakata di Dermaga III Pelabuhan Merak, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy enggan untuk berkomentar banyak. Dia hanya mengatakan jika pihaknya telah menyerahkan sepenuhnya kasus yang menimpa penumpang tersebut ke pihak kepolisian.

 

“Intinya kita serahkan sepenuhnya kasus ini ke pihak kepolisian,” ungkapnya.