139 Kantong Jenazah dan Black Box Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan di Hari Ke-4 Pencarian

Evakuasi Serpihan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Foto : CNN Indonesia

 

Pada hari keempat (Selasa, 12/1/2021) pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya, Bagus Puruhito menyebut adanya temuan bagian tubuh korban (body part) yang dibungkus dalam 65 kantong jenazah.

 

Bahkan, ada juga temuan pecahan kecil pesawat yang dibungkus dalam 10 kantong jenazah dan pecahan besar pesawat dalam dua kantong jenazah. Sehingga, totalnya ada 139 kantong jenazah berisi body part, 26 kantong berisi pecahan kecil pesawat, dan 26 kantong berisi pecahan besar pesawat.

 

“Disini kami melaporkan total temuan 139 kantong jenazah sudah kita temukan. Kemudian 10 kantong bagian berisi serpihan kecil pesawat sehingga total menjadi 26. Dan potongan besar pesawat hari ini kita mendapatkan 2 sehingga total menjadi 26,” kata Bagus dalam konferensi pers, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (13/1/2021).

 

Tak hanya itu, tim penyelam TNI AL juga telah mendapatkan black box jenis Flight Data Recorder (FDR) atau rekaman data penerbangan di perairan Kepulauan Seribu. Diungkapkan oleh Bagus, bahwa rencana pencarian pada esok hari akan difokuskan pada evakuasi korban dan pencarian puing pesawat.

 

“Dan untuk rencana besok (Rabu, 13/1/2021), kita masih memfokuskan pada pencarian dan evakuasi korban. Dan akan dilaksanakan bersama-sama oleh seluruh unsur SAR dibawah koordinator dari Basarnas. Kita juga masih meneruskan pencarian material atau seripihan dari badan pesawat maupun CVR,” jelasnya.