Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri, Mantan Pimpinan KPK: Tak Perlu Diragukan

Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit. Sumber: BSTV

Rancah.com – Sorotan publik kepada Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo langsung mencuat, setelah diajukan oleh Presiden Jokowi jadi Calon Tunggal Kapolri ke DPR RI. Menanggapi hal tersebut, mantan Ketua KPK Indriyanto Senoadji  pun turut angkat bicara dan menyatakan penilaiannya terhadap keputusan Presiden Jokowi tersebut.

Menurut penilaiannya Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo telah memenuhi kriteria sebagai calon Kapolri. Menurutnya, Kabareskrim Polri tersebut juga memiliki kemampuan variatif profesionalitas di bidang reserse kriminal sebagai karakteristik dan front gate penegakan hukum Polri

“Jadi tidak perlu diragukan kemampuan operasional penegakan hukum dan managerial SDM (Sumber Daya Manusia) kelembagaan Polri,” kata Indriyanto kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Pakar hukum pidana dari Universitas Indonesia tersebut juga menilai penunjukan Listyo sebagai calon tunggal Kapolri telah memenuhi syarat. Sebab, setiap calon Kapolri sudah pasti terlebih dahulu disaring oleh Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

“Bahkan juga Kompolnas sebagai kelembagaan eksternal, baik syarat kapabilitas, integritas dan kompetensi beliau sebagai calon Kapolri,” katanya.

Adapun, Indriyanto menyebut tantangan Listyo jika resmi menjabat sebagai Kapolri yakni menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di tengah masa pendemi Covid-19. Dimana, kata dia, sebagai Kapolri perlu melakukan penegakan hukum secara tegas namun tetap dengan pendekatan persuasif.

“Baik terhadap pelaksanaan ketat protokol kesehatan Covid-19, pula atensi pada persiapan Pilkada Serentak, dan gangguan keamanan terkait sikap gerak radikalisme yang menciptakan instabilitas kekuasaan negara yang sah,” kata dia.