Home Berita Ini Alat yang Dipakai Polisi Saat Mengintip Ponsel Vanessa Angel

Ini Alat yang Dipakai Polisi Saat Mengintip Ponsel Vanessa Angel

234
Celebrite Ufed Touch/Foto: Hilda Meilisa Rinanda

Rancah.com – Dalam puncak perayaan HUT ke-73 Bhayangkara di Jatim, ada pameran yang memperlihatkan alat-alat canggih milik kepolisian. Termasuk alat yang digunakan untuk melihat isi ponsel Vanessa Angel dalam kasus penyebaran konten asusila.

Kasus yang menjerat Vanessa Angel beberapa waktu lalu begitu menyedot perhatian. Kini Vanessa tengah menikmati kebebasan setelah 5 bulan dipenjara atas kasus pelanggaran UU ITE terkait penyebaran konten asusila. Bagaimana polisi mengetahui penyebaran konten yang dilakukan Vanessa?

Pihak kepolisian menggunakan teknologi canggih untuk melihat isi ponsel Vanessa. Ada alat khusus yang digunakan untuk mendeteksi pelanggaran yang dilakukan Vanessa.

Alat pemeriksa isi ponsel tersebut bernama Celebrite Ufed Touch. Perangkat digital ini merupakan salah satu koleksi Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Cabang Surabaya.

Baca :   VIDEO VIRAL Warga Ramai-ramai Bakar Pemberian Caleg untuk Masjid, Dipicu Hal Tak Etis Berikut!

Masyarakat kini diizinkan melihat alat tersebut dari dekat, yakni dalam pameran yang digelar dalam puncak Peringatan HUT ke 73 Bhayangkara. Pameran ini digelar di lapangan Makodam V/Brawijaya Surabaya, Rabu (10/7).

“Alat ini yang digunakan memeriksa ponsel Vanessa Angel dalam kasus pelanggaran UU ITE,” kata Kepala Urusan Narkoba Forensik Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya AKP Yuli Khrisna di Makodam V/Brawijaya Surabaya, Kamis (11/7/2019).

Yuli memaparkan, perangkat digital buatan Inggris itu bisa mengakses semua aktivitas ponsel. Mulai SMS, chatting, pesan suara, video, hingga aktivitas aplikasi lainnya. Selain itu, perangkat ini dilengkapi konektor penghubung.

Baca :   Klaim Kemenangan 62 Persen Prabowo-Sandi Ternyata Andalkan SMS, Begini Proses Penghitungannya

Saat tersambung ke konektor, semua isi ponsel pun langsung bisa diakses melalui layar monitor laptop.

“Bahkan aktivitas yang sudah dihapus di ponsel,” imbuhnya.

Tak hanya itu, alat ini juga kerap digunakan untuk melakukan penyidikan suatu kasus. Semua ponsel juga bisa dibaca meskipun histori penggunaannya telah dihapus.

“Semua informasi dari ponsel bisa diakses melalui alat ini. Karena prinsipnya di semua ponsel saat nomor ponsel diregistrasi, semua aktivitas pasti bisa diakses,” lanjut Yuli.

Semua peralatan di Labfor Polri ini merupakan peralatan yang mendukung kinerja penyidikan polisi dengan pendekatan scientific crime investigation. Tak hanya alat pendeteksi ponsel, Polda Jatim juga memamerkan alat-alat canggih lain. Misalnya gas detector untuk mendeteksi aroma gas, perangkat pemeriksa uang palsu, pemeriksa jenis narkoba, hingga perangkat pemeriksa serpihan bom bernama Sabre 4000 dan FT IR.

Baca :   Bus Sugeng Rahayu Tabrak 4 Mobil dan Rumah di Sragen

“Alat ini digunakan untuk mendeteksi serpihan bom yang diledakkan di sejumlah lokasi di Surabaya beberapa waktu lalu,” pungkasnya.

Namun Yuli mengatakan alat yang dipamerkan hanya sebagian. Pasalnya di Mapolda Jatim masih banyak alat berukuran besar yang canggih-canggih.

Sumber: Detik.com



Loading...
Komentar Anda