Tanggapi 2 Anggota KKB Ditembak di Freeport, Polisi : ‘Pimpinan Joni Botak’

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Era Adinata. Foto : detik.com

 

Baru-baru ini, anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) dikabarkan terlibat kontak tembak dengan TNI-Polri di areal PT Freeport Indonesia, Papua. Dalam insiden ini, polisi menyebut 2 anggota KKB yang tertembak tersebut pimpinan Joni Botak.

 

Dan berdasarkan info lapangan, bahwa terdapat dua orang yang tewas dalam kejadian kontak tersebut. Yakni di antaranya Ferry Ellas (35) dan Heri Yakob Newegalem (26), anggota KKB pimpinan Joni Botak,” kata Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Era Adinata seperti dikutip dari laman detik.com, Selasa (2/3/2021).

 

Di samping itu, pihak kepolisian telah memastikan bahwa KKB yang berhasil dilumpuhkan bernama Ferry Ellas berdasarkan hasil pencocokan wajah DPO KKB dengan jenazah. Selain wajah, atribut pelaku dalam foto mirip dengan atribut jenazah juga ditemukan di lokasi kontak tembak.

 

Untuk identifikasi gambar, ditemukan kemiripan antara jenazah pelaku dengan foto Ferry Ellas. Adapun pencocokan atribut yang digunakan oleh pelaku baik pakaian yang digunakan, jam, kalung, anting, postur tubuh dan wajah,” ujar Era.

 

Diberitakan sebelumnya, aparat TNI-Polri diketahui terlibat baku tembak dengan anggota KKB. Dimana, 1 anggota KKB dikabarkan terluka dalam insiden baku tembak tersebut.

 

Dikatakan oleh I Gusti Gde Era Adhinata, bahwa insiden baku tembak antara KKB dan aparat terjadi ketika KKB akan memasuki areal PT Freeport Indonesia untuk mengganggu. Akan tetapim upaya tersebut dicegah aparat keamanan yang sedang berpatroli di Mile 53.

 

Pada saat anggota sedang berpatroli di Mile 53 mendapat tembakan dari arah seberang kali, dan terlihat sekitar 6 anggota KKB membawa satu pucuk M-16 dan satu pucuk AK- 47. Hingga akhirnya anggota membalas dengan tembakan secara terarah, dan keliatan ada satu orang terkena,” terang AKBP Era.