Permintaan Amien Rais Agar Presiden Jokowi Batalkan Perpres Terkait Investasi Miras

Amien Rais. Foto : kompas.com

 

Baru-baru ini, mantan Ketua MPR sekaligus mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Amien Rais meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membatalkan Peraturan Presiden No. 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang membuka pintu investasi untuk industri minuman keras (miras) sampai eceran.

 

Seperti dikutip dari laman kompas.com, Selasa (2/3/2021), permintaan tersebut dilakukan Amien lantaran ada alasan terkait. Dimana, dengan ditekennya Perpres tersebut maka peredaran minuman keras akan semakin masif di masyarakat. Sehingga, hal itu dapat merusak generasi muda.

 

Kan ini adalah taruhan bagi generasi muda kita. Dan memang Perpres itu berlaku hanya untuk beberapa wilayah, tapi sudahlah, tidak diberikan legalitas atau legalisasi saja sudah seperti ini keadaan kita,” ujar Amien.

 

Selain itu, Amien juga meminta kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama (NU) untuk menolak ditekennya Perpres tersebut oleh Jokowi. Bahkan, dia pun meminta Wakil Presiden, Ma’ruf Amin ikut mengingatkan Presiden Jokowi untuk membatalkan Perpres tersebut.

 

Dan mohon para kiai, para ulama, juga Pak Ma’ruf Amin pajenengan bisa mengatakan Pak Presiden ini keliru, Pak, tolong, Pak,” lanjut Amien.

 

Sebelumnya, pemerintah diketahui menetapkan industri minuman keras sebagai daftar positif investasi (DPI) terhitung sejak tahun ini. Adapun industri tersebut, sebelumnya telah masuk kategori bidang usaha tertutup. Dimana, kebijakan tersebut tertuang dalam Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

 

Sementara itu, beleid yang merupakan aturan turunan dari UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja ini telah ditandatangani Presiden Joko Widodo dan mulai berlaku tanggal 2 Februari 2021.