Indonesia Kini Punya 38 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono. Foto : dream.co.id

 

Pada Selasa (2/3/2021) kemarin, sebanyak sepuluh juta dosis vaksin pesanan pemerintah telah sampai di Tanah Air. Diketahui, paket itu merupakan kedatangan ke lima vaksin Covid-19. Sehingga, saat ini Indonesia telah memiliki 38 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac.

 

Dengan kehadiran vaksin Covid-19 tahap ke lima menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam melindungi masyarakat dan mengakhiri pandemi melalui program vaksinasi gratis,” ujar Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, seperti dikutip dari laman dream.co.id, Rabu (3/3/2021).

 

Diketahui, sepuluh juta dosis vaksin dalam bentuk bulk atau bahan baku telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Adapun seluruh dosis dimuat dalam enam envirotainer yang langsung dibawa menuju Bio Farma di Bandung, Jawa Barat.

 

Tibanya paket vaksin Covid-19 ini merupakan pengiriman ketiga vaksin dalam bentuk bulk. Dimana, vaksin yang nantinya diproduksi Bio Farma menjadi siap pakai dan sudah mendapatkan sertifikat Cara Pembuatan Obat Yang Baik (CPOB). Dikatakan oleh Dante, bahwa ke depan masih akan datang 185 juta dosis vaksin lagi dari Sinovac.

 

Dan kita juga masih menunggu vaksin dari Pfizer BioNTech, AstraZeneca, dan Novavax,” kata Dante.

 

Di samping itu, Dante menambahkan bahwa kedatangan vaksin ini dibantu oleh Kementerian Keuangan. Khususnya yakni dari pihak Direktorat Jenderal Bea Cukai. Sehingga, akses dikatakan lebih mudah dan prosesnya lancar.

 

Dan memang semua dilakukan terintegrasi dan secara sinergis, kolaboratif antara Kementerian Kesehatan, Kemenkeu, dan Bio Farma. Sehingga akan membawa kemudahan untuk percepatan proses vaksinasi,” ucap Dante.

 

Lebih lanjut, Dante mengatakan bahwa kehadiran vaksin Covid-19 sangat ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan, pemerintah Indonesia merupakan salah satu pemerintahan di dunia yang paling aktif mengembangkan, mengadakan, dan menyiapkan vaksin untuk rakyat.

 

Karena di tengah tingginya permintaan di seluruh dunia, Indonesia sangat beruntung bisa mengamankan vaksin Covid-19 dari sejumlah produsen yang dipergunakan untuk program vaksinasi gratis dari Pemerintah,” kata Dante.