Heboh Pesan Vaksinasi di PPSDMK Hanya Perlu Bawa KTP, Kemenkes Sebut Kabar Hoax

Heboh Pesan Vaksinasi di PPSDMK. Foto : dok. Kementerian Kesehatan

 

Belakangan ini, publik dihebohkan dengan beredarnya pesan WhatsApp yang menyebut vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDMK) Jakarta bisa langsung didatangi. Dalam pesan tersebut, disebutkan bahwa lansia hanya perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

 

“Setiap hari ada, jatahnya 1000 orang/hari. Jadi datang saja go show bawa ktp. Ternyata krn jatah banyak, ktp non dki juga tadi diterima. Ajak ya suadara, teman, tetangga, syarat lansia > th bawa ktp,” tulis pesan tersebut seperti dikutip dari laman detik.com, Ranu (3/3/2021).

 

Menanggapi kabar tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI melalui akun resmi Twitter-nya memberikan klarifikasi bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoax. Meskipun memang ada pelaksanaan vaksinasi lansia di kantor Badan PPSDMK Jakarta, akan tetapi ini hanya untuk mereka yang berdomisili di DKI Jakarta dan sudah mendaftar secara online.

 

Selain itu, Kemenkes bahkan menyebut bahwa kabar hoax ini membuat terjadinya antrean di PPSDMK. Hal ini karena masyarakat ramai-ramai datang tanpa melakukan pendaftaran sebelumnya.

 

“Kejadian ini berawal dari penyebaran HOAKS broadcast via WA yang beredar….Dalam kurun waktu dua jam, kondisi tersebut sudah dapat terkendali dan keadaan kembali normal. Untuk mengurai antrian, alur pendaftaran dibagi menjadi dua. Area A ditujukan bagi calon peserta yang belum melakukan pendaftaran melalui tautan dki.kemkes.go.id, sementara area B bagi peserta yang sudah melakukan pendaftaran” tulis akun Twitter milik Kemenkes.