Terkait Video Hoaks Penembakan, Polisi Bakal Panggil Gus Idris

Ilustrasi Foto : CNN Indonesia

 

Pengasuh Pondok Pesantren Thoriqul Jannah, Malang, Idris Al Marbawy alias Gus Idris dikabarkan bakal dipanggil pihak kepolisian. Adapun pemanggilan ini berkaitan dengan video yang menampilkan dirinya dalam kondisi berdarah-darah dan viral di media sosial lantaran diduga sebagai korban penembakan.

 

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (3/3/2021), Polda Jawa Timur sebelumnya telah memastikan bahwa video yang beredar terkait peristiwa penembakan itu ialah hoaks.

 

Dari informasinya sudah dipanggil sama Polres. Dan saat ini masih (akan) dilakukan pemeriksaan-pemeriksaan,” kata Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Gatot Repli Handoko.

Meski demikian, Gatot belum dapat memastikan waktu persis panggilan tersebut telah dilayangkan. Dia hanya mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih akan dikonfirmasikan lebih lanjut kepada pihak Polres Malang selaku penyidik kasus.

 

Di samping itu, Gatot hanya mengatakan bahwa pemeriksaan itu akan dilakukan untuk mengklarifikasi maksud dan tujuan Gus Idris turut menyebarkan video tersebut di channel YouTube pribadinya. Walaupun dalam video tersebut tidak dinarasikan secara gamblang bahwa Idris merupakan korban penembakan.

 

“Jadi intinya masih pendalaman ini,” ucapnya.

 

Diberitakan sebelumnya, polisi pun tengah melakukan penyelidikan digital untuk mencari tahu siapa pihak yang pertama kali mengunggah video tersebut. Adapun hal itu menyusul kesimpulan yang didapat mengenai video tersebut merupakan hal yang tak benar.

 

Gatot bahkan meminta para santri di pesantren untuk tak resah. Hal ini lantaran faktanya Gus Idris tak terluka atau meninggal akibat ditembak oleh orang tak dikenal. Sebelumnya, video itu sempat beredar di media sosial dengan menampilkan Gus Idris terkapar dan bersimbah darah.

 

Tampak dalam video tersebut, insiden ini bermula saat Gus Idris dan beberapa muridnya tengah berjalan ke arah mobil. Akan tetapi sebelum sampai, terlihat ada mobil berjalan melintas, sesaat kemudian suara letusan diduga tembakan pun terdengar. Dan seketika Gus Idris langsung terjatuh. Bahkan, terlihat pada pakaian yang dikenakannya, terdapat noda darah di bagian dada sebelah kanan.