Satpol PP Segel Bengkel Mobil di Jatipadang Gegara Diprotes Warga Karena Bising

Penyegelan Bengkel Mobil Oleh Satpol PP. Foto : kompas.com

 

Pada Kamis (8/4/2021) siang, aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta menyegel sebuah bengkel mobil di Jalan Taman Marga Satwa, Kompleks PWR, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Diduga, bengkel itu disegel lantaran membuat suara bising dan warga sekitar protes.

 

Dikutip dari laman kompas.com, Kamis (8/4/2021), Kepala Bidang Penyidik Pegawai Negeri Sipil Satpol PP DKI Jakarta, Eko Saptono mengatakan bahwa pihaknya sudah memberikan tiga kali peringatan kepada pemilik bengkel tersebut.

 

“Yang kami tutup ini adalah yang melanggar perda tentang usahanya bengkel Bengawan Mobil,” kata Eko.

 

Diungkapkan oleh Eko, bahwa warga sering mengeluh lantaran kegiatan operasional bengkel tersebut bikin bising. Bahkan, dia  meminta anggota Satpol PP kelurahan dan kecamatan mengawasi kegiatan bengkel tersebut setelah disegel. Di samping itu, aparat Satpol PP turut memasang garis Satpol PP dan menempelkan stiker penyegelan.

 

Dalam masalah ini, bengkel itu disebut melanggar ketenteraman dan ketertiban umum dalam bentuk gangguan kebersihan dan kebisingan. Bahkan, bengkel itu juga tidak memiliki Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL). Terlebih lagi, bangunan tempat usaha bengkel itu juga tidak dilengkapi dengan SLF (Sertifikat Laik Fungsi).