Momen Tak Biasa Kala Anies Baswedan Temani Presiden Jokowi Blusukan

Potret Presiden Jokowi & Anies Baswedan. Foto : detik.com

Rancah.com – Baru-baru ini, ada momen yang tidak biasa saat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan. Dimana, momen tak biasa yang dimaksud yakni ketika Anies menjadi ‘fotografer’ dadakan Jokowi.

Seperti dikutip dari laman detik.com, Selasa (4/5/2021), Anies bersama Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin hingga Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung belakanagan diketahui mendampingi Jokowi meninjau proses vaksinasi para pelaku usaha perdagangan di Grand Indonesia (GI) kemarin pagi, Senin (3/5/2021). Dan disaat itulah Anies menjadi fotografer dadakan Jokowi.

Diketahui, kunjungan Jokowi ke GI ini juga turut disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden. Adapun Jokowi, Menkes, dan Anies awalnya berkeliling memantau proses vaksinasi ini. Bahkan, sesekali mereka tampak berdialog dengan peserta vaksinasi. Dimana, Jokowi pun tampak berbincang dengan Menkes hingga Anies sambil berdiri dengan menjaga jarak.

Menariknya di sela-sela peninjauan, ada salah seorang perempuan yang tiba-tiba meminta izin untuk berfoto bersama Jokowi. Bahkan, beberapa orang lainnya juga mengikuti aksi perempuan selfie dengan Jokowi.

Tak disangka, Anies langsung memfoto Jokowi bersama warga. Adapun mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu pun sukses menjadi fotografer dadakan Jokowi. Bahkan, Anies yang berada di samping Jokowi, kemudian berjalan ke arah perempuan tersebut dan meminjam ponselnya. Dan tak berselang lama, Anies lalu memotret Jokowi dengan beberapa warga.

Melihat hal tersebut, pasukan pengawal presiden (Paspampres) juga tidak tinggal diam. Dimana, ada paspampres yang mengatur jarak warga warga dengan Jokowi.

Dan setelah selesai, Anies juga mengembalikan ponsel tersebut kepada perempuan tersebut. Kemudian, Jokowi, Anies, dan Menkes selanjutnya meninjau tempat lain. Adapun dalam pernyataannya, Jokowi mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan protokol 3M. Jokowi mewanti-wanti agar masyarakat taat memakai masker.

“Saya juga ingin terus mengajak kita semuanya untuk ke mana pun selalu, utamanya, selalu memakai masker, memakai masker, memakai masker,” kata Jokowi.

Tak hanya di GI, Jokowi juga meninjau vaksinasi para pedagang di Thamrin City. Dalam hal ini, dia berharap agar vaksinasi Covid-19 terhadap pedagang di Thamrin City dan Grand Indonesia ini bisa menghilangkan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

“Pagi hari ini, saya melihat meninjau program vaksinasi yang dilakukan di Thamrin City dan Grand Indonesia ini, dalam rangka agar seluruh pelayan toko dan yang berusaha di kawasan pertokoan, di mal semuanya bisa divaksinasi. Dan kita harapkan itu bisa memperlambat mengurangi dan menghilangkan penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Sebagai informasi, Jokowi sendiri telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Covid-19.

Diketahui dalam perpres itu, disebutkan bahwa setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin Covid-19, tapi tidak mengikuti vaksinasi Covid-19 dapat dikenai sanksi administratif berupa penundaan atau penghentian pemberian jaminan sosial atau bantuan sosial, penundaan, atau penghentian layanan administrasi pemerintahan, dan/atau denda.