Pria Viral yang Membodohkan Pengunjung Mal Bermasker Dikenai Sanksi Beri Makan ODGJ

Aksi Putu Saat Disanksi Memberi Makan ODGJ di Liponsor Surabaya. Foto : Tangkapan Layar

Rancah.com – Pria yang viral membodohkan pengunjung mal bermasker di Surabaya, Putu Arimbawa (29) diketahui dikenai denda administratif dan sanksi sosial. Bahkan, dia diharuskan melakukan kerja sosial di Liponsos Pemkot Surabaya.

Seperti dikutip dari laman detik.com, Selasa (4/5/2021), Kepala Satpol PP Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan bahwa sanksi administratif yang dikenakan Putu adalah denda senilai Rp 150 ribu. Sementara kerja sosial yakni 1×24 jam memberi makan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).

 

“Sanksi administratif yakni denda Rp 150 ribu. Selain administratif akan kami berikan tindakan paksa berupa kerja sosial di Liponsos selama 1×24 jam. Jadi nanti Mas Putu ini kita ajak ke Liponsos agar tahu bagaimana kita melayani penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) baik itu warga yang terlantar maupun gangguan jiwa mulai memberi makannya, menjaga kebersihannya,” kata Eddy.

Eddy mengatakan bahwa sanksi itu diberikan karena Putu dinilai telah melanggar protokol kesehatan yang diatur dalam Perwali nomor 10 tahun 2021. Adapun dalam hal ini tidak memakai masker serta mempengaruhi orang lain dengan opininya.

“Apa yang dilakukan ini termasuk pelanggaran berat dalam protokol kesehatan. Karena mereka mengajak atau mempengaruhi opini masyarakat untuk tidak memakai masker di masa pandemi ini. Jadi ada unsur ajakan, provokatif terhadap masyarakat yang sudah patuh memakai masker,” tandas Eddy.