Kritik Pertemuan Anies-Zulhas, Ketua PKB : ‘Jangan Beri Contoh Tak Baik’

Ketua DPP PKB, Faisol Riza. Foto : dpr.go.id

Rancah.com – Baru-baru ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan diketahui melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) secara fisik pada Kamis (13/5/2021) malam.

Dikutip dari laman detik.com, Sabtu (15/5/2021), Ketua DPP PKB, Faisol Riza yang menanggapi hal tersebut justru meminta, apabila tidak ada hal yang mendesak, diminta tidak dilakukan silaturahmi secara fisik. Sebab, hal ini menurutnya dapat memberi contoh yang tak baik bagi warga DKI.

“Mungkin ada yang sangat mendesak sehingga ada silaturahmi fisik. Kalau tidak ada yang mendesak, jangan memberi contoh tidak baik kepada warga DKI,” ujar Faisol.

Menurut Faisol, adanya pertemuan itu diduga tidak membahas mengenai Pilpres 2024.

“Saya kira belum ada pembicaraan soal pilpres,” ucapnya.

Sementara itu, elite PDIP, Hendrawan Supratikno justru mengaku tak mempermasalahkan pertemuan tersebut. Dalam hal ini, dia menduga pertemuan itu penting sehingga harus dilakukan secara langsung.

“Berarti yang dibicarakan permasalahan cukup penting, yang tentu akan bocor bila dilakukan secara virtual. Apalagi politikus papan atas juga sering pakai bahasa isyarat, gestur non-verbal, yang tidak tertangkap teknologi Zoom,” kata Hendra.

Kemudian, Hendra turut membandingkan roadshow Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga bersilaturahmi ke pimpinan parpol lain. Dia mengatakan bahwa asalkan menerapkan protokol kesehatan dengan baik, maka pertemuan secara fisik tidak menjadi soal.

“Saya lihat protokol kesehatan cukup ketat, sama dengan roadshow PKS ke sejumlah partai,” katanya.