Pagi Ini, TPU Tegal Alur Jakbar Dijaga Ketat Usai Pagar Dijebol Peziarah

Lokasi TPU Tegal Alur. Foto : detik.com

Rancah.com – Sejumlah warga sebelumnya sempat menjebol pagar tempat pemakaman umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat (Jakbar), lantaran memaksa masuk ingin berziarah. Sementara pagi ini, TPU Tegal Alur tampak dijaga ketat aparat keamanan mengantisipasi peziarah.

Seperti dikutip dari laman detik.com, Sabtu (15/5/2021), tampak di lokasi pukul 08.00 WIB, sejumlah anggota pengamanan dalam (pamdal) TPU Tegal Alur tampak berjaga di beberapa pintu masuk. Bahkan, personel TNI-Polri juga terlihat ada di lokasi.

“Pamdal TPU, sama 3 pilar. Polri 68, TNI 10, pamdal 25, Pol PP 40 orang,” ujar Kasatpel TPU Tegal Alur, Wawin Wahyudi.

Sementara itu, di pintu masuk utama TPU Tegal Alur, juga tampak sisa gerbang yang sempat dijebol peziarah kemarin. Dan pada bagian gerbang yang dibobol tampak diisi dengan dua buah meja.

Adapun sejumlah peziarah pun mulai berdatangan. Akan tetapi, petugas yang berjaga melarang peziarah masuk sambil menjelaskan TPU baru dibuka pada hari Senin (17/5/2021) nanti.

“Belum boleh ziarah Bu. Nanti ya hari Senin,” ucap Wawin ke salah satu peziarah yang hendak masuk TPU Tegal Alur.

Sebagai informasi, kegiatan ziarah kubur di Jakarta ditiadakan pada 12-16 Mei 2021. Adapun keputusan ini diumumkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan seusai rapat dengan kepala daerah lain di sekitar Jakarta.

Akan tetapi, pada kenyataannya masih banyak warga yang berziarah di sejumlah TPU di Jakarta. Dimana, mereka kebanyakan masuk melalui pintu TPU yang tidak dijaga.

Bahkan di TPU Tegal Alur, sempat ada kericuhan Jumat (14/5/2021) kemarin pagi. Dimana, peziarah protes dan sempat adu mulut dengan petugas karena tidak bisa masuk TPU. Tak hanya itu, sejumlah warga juga nekat menjebol pagar TPU. Beruntung, para peziarah yang memaksa masuk akhirnya bubar setelah polisi datang.