2 Orang Tewas dalam Baku Tembak TNI-Polri Vs KKB Papua

Ilustrasi Foto : Dok. Puspen TNI

Rancah.com – Insiden baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diakui Satgas Operasi Nemangkawi TNI Polri terjadi pada Minggu (16/5/2021) di jembatan Mayuberi, Ilaga, Papua.

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (16/5/2021), berdasarkan pernyataan resmi Humas Nemangkawi, pada pukul 04.12 WIT, TNI-Polri berhasil menembak tiga teroris anggota kelompok teroris Lekagek Talenggang. Adapun dalam aksi tersebut, dua orang meninggal dan satu orang melarikan diri dengan kondisi tertembak.

Sementara itu, Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Iqbal mengatakan bahwa saat ini TNI Polri masih melakukan penyisiran di sekitar TKP kontak tembak.

“Hari ini Satgas Gakkum Nemangkawi akan melakukan olah TKP di Mayuberi,” katanya.

Diketahui, bahwa dalam penyisiran pasca penembakan, petugas menemukan barang bukti. Di antaranya yakni berupa 2 mayat teroris, 1 pucuk senjata organik jenis moser 7,62, 1 buah HT, dan amunisi 17 butir, serta 4 selongsong peluru.

Diakui Iqbal, bahwa pihaknya tengah melakukan pengejaran satu orang KKB yang melarikan diri dengan membawa 1 AK 47 milik teroris yang meninggal dunia.

“Camp Mayuberi dikuasai TNI-Polri, kami akan terus mengejar dan melakukan penegakan hukum kelompok teroris yang saat ini berada pada zona Mini (Mimika, Intanjaya, Nduga dan Ilaga/Puncak)” imbuh Humas Satgas Nemangkawi dalam pernyataan resminya.

Sementara itu, situasi di kota Ilaga saat ini sangat kondusif. Bahkan, aktivitas warga berjalan seperti biasa. Baik dari kegiatan ibadah gereja maupun kios-kios di pasar ramai penjual dan pembeli.