Penyegelan 5 Gerai McD di Bandung Buntut Heboh Kerumunan BTS Meal

Penyegelan Gerai McD di Kota Bandung Oleh Aparat. Foto : Istimewa

Rancah.com – Denda administratif sebesar Rp 500 ribu turut dibayarkan sebanyak 11 gerai McDonald’s (MCD) kepada Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung. Hal ini dilakukan lantaran mereka melanggar protokol kesehatan gegara promo menu BTS Meal yang menimbulkan kerumunan orang. Bahkan, aparat turut menyegel lima gerai tersebut.

“Oleh kita ada tiga (yang disegel), lalu oleh kecamatan satu (gerai McD di Cicendo) dan kecamatan lain satu, jadi jumlahnya lima. Tempat yang disegel kita lokasinya di Buahbatu, Cibiru dan Kopo Mas Bacip,” kata Plt Kabid Tibum Satpol PP Kota Bandung, Idris Uswendi seperti dikutip dari laman detik.com, Kamis (10/5/2021).

Dijelaskan oleh Idris bahwa sebanyak 11 gerai McD itu diketahui tersebar di 10 kecamatan. Adapun denda dikenakan lantaran terjadi kerumunan orang yang order promo menu BTS Meal yang terjadi Rabu (9/6/2021) kemarin.

Sesuai Perwal, denda administratif Rp 500 ribu. Gerai itu dianggap melanggar protokol kesehatan (prokes). Penanggung jawab sudah dipanggil, 11 gerai harus bayar denda administratif,” tambahnya.

Adapun berdasarkan hasil pemeriksaan, Idris menuturkan bahwa pihak McD mengaku tak menyangka promo menu BTS Meal ini diburu banyak pembeli.

“Kalau mau promosi silakan, tapi sesuai ketentuan, harus diestimasi. Mereka mengakui, tidak menyangka di luar dugaan akan terjadi seperti ini (kerumunan orang). Kami minta mereka dukung pemerintah, karena ini tidak sejalan dengan program yang dijalankan, Covid-19 kan naik lagi,” kata Idris.

Apabila sudah membayar denda administratif dan ingin membuka kembali lima gerai yang disegel, manajemen McD sendiri diharuskan untuk berkoordinasi dengan Gugus Tugas. Sehingga, Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung nantinya yang akan merekomendasikan langkah-langkah selanjutnya.

“Sesuai ketentuan diatur di Perwal kita, penghentian sementara dengan penyegelan untuk jasa pariwisata sudah jelas diatur selama 14 hari. Mereka harus ajukan izin pembukaan segel. Kalau pimpinan sudah menyetujui berapa hari setelah menyelesaikan administrasi ke bank, nanti ditinjau,” ujar Idris.