Heboh Kabar Anggota TNI di Lampung Diduga Tertembak Pistol Sendiri

Penyerahan Berkas Kasus Anggota TNI Tertembak Senpi. Foto : dok Polda Lampung

Rancah.com – Akibat kecelakaan penggunaan senjata api (senpi), salah seorang prajurit TNI AU, Pratu NR (26) beserta istrinya dikabarkan mengalami luka tembak.

Seperti dikutip dari laman detik.com, Jumat (11/6/2021), Danlanud Pangeran Mohammad Bun Yamin, Letkol (Nav) Yohanes Ridwan mengatakan bahwa dalam menyelidiki kasus ini, Satpomau turut bekerja sama dengan Polresta Bandar Lampung dan Polda Lampung.

“Satpomau bersama pihak kepolisian, saat ini terus mendalami kejadian kecelakaan tersebut, prosesnya masih berjalan sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” ujar Letkol Ridwan.

Adapun Letkol Ridwan menyampaikan hal ini guna meluruskan informasi awal bahwa Pratu NR dan istrinya ditembak orang tidak dikenal (OTK). Diketahui, kecelakaan penggunaan senjata api ini terjadi pada Selasa (8/6/2021) sekitar 04.30 WIB.

“Danlanud juga menyampaikan bahwa, informasi yang disampaikannya guna meluruskan berbagai berita di media massa yang menyatakan yang bersangkutan ditembak oleh orang tidak dikenal,” katanya.

Imbas dari insiden tersebut, Pratu NR yang merupakan anggota Lanud Pangeran Mohammad Bun Yamin dan istrinya mengalami luka. Adapun keduanya saat ini masih dirawat di rumah sakit.

Disampaikan oleh Letkol Ridwan, bahwa apabila terdapat pelanggaran dalam peristiwa tersebut, maka oknum yang bersangkutan akan diproses secara hukum sesuai ketentuan hukum yang berlaku di lingkungan TNI.

“Apabila terdapat pelanggaran pada kejadian kecelakaan tersebut, pasti akan diproses dan ditindak sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad menjelaskan bahwa hari ini berkas kasus tersebut telah diserahkan dari Polresta Bandar Lampung kepada pihak POM TNI AU.

“Berkas perkara sudah diserahterimakan oleh Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Resky Maulana kepada Dansatpom TNI Lanud Pangeran M Bun Yamin Lettu Pom Chandra; disaksikan Kabidhumas Polda Lampung dan Lanud Letkol TNI Ridwan, Wakapolresta Bandar Lampung AKBP Ganda Saragih,” kata Kombes Pandra dalam keterangannya.

Diberitakan sebelumnya, Pratu NR dan istri mengalami luka tembak di di lampu merah di Jalan Sultan Agung, Way Halim, Bandar Lampung, pada Selasa (8/6/2021) sekitar pukul 04.00 WIB.

Dalam kasus ini, Pratu NR mengalami luka di bagian tangan kiri, sementara istrinya terluka di bagian paha kanan. Kini, keduanya dirawat di RS Advent. Adapun polisi bersama POM TNI AU menyelidiki kasus ini. Mulanya, Pratu NR disebut menjadi korban tembak oleh orang tak dikenal.