Home Berita Nasional Polisi Menangkap Tokoh ULMWP Buchtar Tabuni Terkait Makar

Polisi Menangkap Tokoh ULMWP Buchtar Tabuni Terkait Makar

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. Foto: Audrey/detikcom

Rancah.com – Polisi menangkap Wakil Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Buchtar Tabuni. Polisi menangkap Buchtar terkait dugaan tindak pidana makar.

“Benar, yang bersangkutan kami amankan. Terkait makar,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019).

Dedi menerangkan Buchtar ditangkap pada Senin, (9/9). Saat ini polisi masih melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap Buchtar. “(Diamankan) Senin kemarin. Saat ini yang bersangkutan masih diperiksa oleh rekan-rekan dari penyidik,” ujar Dedi.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebelumnya menegaskan Polri akan mengejar dalang-dalang kerusuhan yang terjadi di Papua Barat dan Papua. Salah satunya ULMWP.

“ULMWP (United Liberation Movement for West Papua atau Gerakan Persatuan Pembebasan untuk Papua Barat), KNPB (Komite Nasional Papua Barat) tanggung jawab atas insiden ini. Dan akan saya kejar mereka, mereka juga yang buat produksi hoax-hoax itu,” kata Tito saat konferensi pers di RS Bhayangkara, Abepura, Papua, Kamis (5/9).

Menurut Tito, pihak-pihak yang mengatasnamakan rakyat Papua dan membuat kerusuhan, justru sebenarnya tidak peduli pada masyarakat di Bumi Cenderawasih.

“Kasihan itu korban masyarakat, nanti Tuhan yang membalas. Ingat, ada pembakaran, ada korban, meninggal, itu akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan,” sebut Tito. (Detik)







Loading...