Potret Kedekatan Presiden Jokowi dengan Mendiang Ibunya

Rancah.com – Indonesia berduka. Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomiharjo dikabarkan  telah meninggal dunia di Solo, Jawa Tengah. Ibunda Jokowi tutup usia pada umur 77 tahun.

Dilansir dari laman detik.com, Sudjiatmi  menikah dengan Widjiatno Notomihardjo dan memilik empat orang anak. Jokowi adalah anak pertama dari kedua pasangan suami istri tersebut. Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 21 Juni 1961.

Dalam beberapa momen penting di hidup Jokowi, sang Ibu selalu mendampinginya. Berikut ini potret kedekatan Jokowi dengan mendiang ibunda,

1. Jokowi Sungkem dan Minta Doa sebelum Nyapres

Jokowi mengatakan sungkeman ke ibundanya itu sudah menjadi kebiasaan yang dia lakukan sejak kecil. Momen sungkeman itu dunggah Jokowi di akun Instagramya. Jokowi terlihat bersimpuh di hadapan Sudjiatmi dan sungkem. Tampak Jokowi mengenakan kemeja putih bertuliskan ‘Bersih, Merakyat, Kerja Nyata’ dan sepatu sneakers hitam.

“Doa restu ibunda yang selalu memayungi langkah kaki dan memberikan kesejukan hati di sepanjang perjalanan hidup,” tulis Jokowi, Jumat (10/8/2018). Dikutip dari detik.com.

2. Jokowi Cium Tangan Ibunda Usai Dilantik Jadi Presiden.

Dilansir dari laman merdeka.com, Ibunda Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi menghadiri pelantikan sang anak yang resmi menjadi presiden untuk kedua kalinya. Sudjiatmi tampak mengenakan kebaya dan kerudung berwarna cokelat.

Jokowi bersama Ma’ruf Amin dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR Jakarta, Minggu (20/10). Usai dilantik, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tampak bertemu dengan sang ibunda.

Jokowi menyalami tangan serta mencium pipi kanan dan kiri Sudjiatmi. Hal ini terlihat dalam foto yang dirilis oleh Biro Pers Sekretariat Presiden.

akrab banget ya, Bagi Jokowi sosok sang ibu pasti memiliki arti tersendiri dalam hidupnya. Presiden Jokowi tak pernah luput meminta restu sang bunda setiap kali hendak maju di pilkada hingga terakhir pilpres 2019.

Sungguh sosok Ibu yang menginspirasi.

Semoga almarhumah diterima di sisi Tuhan yang Maha Esa dan diberikan tempat yang layak di sisiNya. Amin