Pawai Takbiran Digelar Satu Desa di Maluku Tengah Pada Kamis Malam

Pawai Takbiran Digelar Satu Desa di Maluku Tengah Foto : Antara

 

Jelang Hari Raya Idul Fitri dapat dilihat dari antusias semangat warga umat Muslim di Desa Kobi, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah dalam menggelar malam takbiran pada Kamis (21/5/2020) malam lalu.

 

Dikutip dari CNN Indonesia (22/5/2020), menurut Kepala Pemerintahan Kobi, Mustafa Kiahaly mengatakan, bahwa setelah adanya putusan resmi dari pemuka agama maka pihaknya telah memutuskan untuk menggelar salat Idul Fitri berjemaah lebih awal pada hari ini Jumat (22/5/2020).

“Setiap tahun lebih awal puasa dan Lebaran, ini berdasarkan perhitungan para pemuka masjid,” kata Mustafa melalui keterangan resmi.

Dirinya menyebut, jika tak semua desa di Kecamatan Seram Utara Kobi menggelar malam takbiran. Hal ini, lantaran pada 1 Syawal 1441 Hijriah hanya di Desa Kobi saja salat Idul Fitri dilakukan secara berjemaah jatuh pada Jumat (22/5/2020).

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda, tradisi malam takbiran untuk menyambut Lebaran tetap dihiasi dengan petasan dan membakar kembang api. Bahkan anak-anak yang sejak selepas salat Isya mulai ikut meramaikan malam takbiran di jalanan.

“Kami warga Desa Kobi tetap pawai dan berkumpul sambil menyalakan lilin atau obor, ini tradisi setelah sebulan penuh beribadah puasa dan puncaknya dirayakan,” ujarnya.

Meskipun  sebelumnya ada imbauan dari pemerintah untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing, namun sesuai kesepakatan bersama dengan pemuka agama, maka salat Idul Fitri di desa tersebut tetap dilaksanakan secara berjemaah di masjid.

Pelaksanaan salat Idul Fitri sesuai dengan perhitungan dua hingga tiga hari lebih awal yang ditetapkan Kementerian Agama tahun ini, sepertinya tidak hanya berlaku di Desa Kobi saja lantaran beberapa desa di Kecamatan Leihitu Maluku Tengah rupanya juga akan melaksanakan salat Idul Fitri pada Sabtu (23/5/2020).