Kemenag Lakukan Sidang Isbat 1 Syawal 1441 H Hari Ini

 

 

 

 

Rancah.com – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan jatuhnya tanggal 1 Syawal 1441 H di Gedung Kemenag yang berlokasi di Jalan MH Tamrin No. 6 Jakarta.

Rencananya sidang isbat akan dilakukan pada hari ini Jumat (22/05/20) yang akan dimulai pukul 16.45 – 19.20 WIB.

Masyarakat dapat menyaksikan pengumuman hasil sidang isbat 1 Syawal 1441 H lewat streaming saluran televisi nasional TVRI. Tak hanya di televisi saja, masyarakat pun dapat menyaksikan Youtube dan Fanspage Facebook Kemenag.

Melansir dari laman Tribunnews.com yang dimuat di Wartakota.com, Sidang isbat akan diawali dengan paparan posisi hilal oleh tim falakiyah kemenag mulai pukul 16.45-17.45 WIB.

Paparan posisi hilal saat matahari terbenam akan diberitakan Cecep Nurwendaya melalui siaran langsung yang dapat disaksikan di TVRI. Setelah mendengar paparan dari Cecep mengenai posisi hilal atau bulan baru, nantinya Fachrul Razi selaku Menteri Agama akan melanjutkan sidang isbat 1 Syawal 1441 H bersama dengan para Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR, serta pejabat kemenag.

Tak hanya itu saja, perwakilan tiap-tiap ormas nantinya bisa mengikuti sidang isbat melalui webinar yang telah disiapkan pukul 18.15 WIB nanti.

Setelah melakukan sidang isbat nanti, Fachrul Razi akan mengumumkan hasil sidang isbat secara telekonferensi dan disiarkan langsung di TVRI dan media sosial milik Kemenag.

Apabila nantinya hilal terlihat pada Jumat sore ini, maka umat Islam akan merayakan lebaran idul fitri pada Sabtu (23/05/20). Sebaliknya, jika hilal belum terlihat, maka umat muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri 1441 H pada hari Minggu (24/05/20).

Sementara itu, Thomas Djamaluddin selaku Ketua Lembaga Penerbangan Antariksa Negara (LAPAN) menyebutkan bahwa lebaran di Indonesia di tahun ini akan seragam.

“Kapankah lebaran idul fitri 1441 H ? Insya Allah seragam, Ahad 24 Mei 2020” tulis Thomas di akun Instagram pribadinya.

Menurut Thomas, pada saat maghrib akhir 29 Ramadhan atau Jumat (22/05/20), bulan masih berada di bawah ufuk. Sehingga bisa dipastikan tidak ada rukyat yang berhasil.

 

 

 

 

 

0