Hari Ini Terakhir PSBB, Tegal Umumkan Kasus Corona Nol Selama PSBB

Rancah.com – Pandemi virus corona masih menjadi perbincangan publik yang belum tuntas kapan berakhirnya. Langkah demi langkah diambil oleh tiap-tiap pemimpin di tiap-tiap wilayah dengan tujuan agar dapat menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi salah satu langkah yang diambil oleh pemimpin di tiap-tiap wilayah di daerah Kota atau Kabupaten yang tercatat sebagai zona merah.

Tegal menjadi salah satu wilayah yang mengambil kebijakan untuk menerapkan PSBB di wilayahnya. Dalam penerapannya, Tegal mengambil penerapan PSBB dengan dua tahap dan akan berakhir hari ini, Jumat (22/05/20). Selama penerapan kasus PSBB di Tegal laporan mengenai kasus corona bersih atau tidak ada. Ini artinya Tegal menjadi wilayah yang berhasil dalam menerapkan PSBB.

Melansir dari laman detik.com, Dedy Yon selaku Walikota Tegal mengungkapkan bahwa wilayahnya telah bersih dari kasus positif corona (Covid-19).

“PSBB yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Tegal, secara signifikan berhasil menekan penyebaran Covid-19. Hal ini terbukti per 19 Mei 2020 Kota Tegal nol positif Covid-19” kata Dedy saat diwawancarai wartawan di kantornya Kamis malam (21/05/20).

Walaupun tidak ada laporan  mengenai kasus pasien positif Covid-19, Dedy san jajaran pemerintah kota Tegal lainnya akan terus mengantisipasi kemungkinan penyebarannya dapat kembali terjadi di wilayahnya. Untuk itu rencananya besok (23/05/20), Pemkot Tegal melarang warganya untuk melakukan aktifitas di luar rumah. Hal ini dikarenakan pemerintah akan melakukan penyemprotan disinfektan secara massal.

Penyemprotan tersebut diungkapkan oleh wakil walikota Tegal, M. Jumadi. Rencananya penyemprotan disinfektan akan melibatkan puluhan mobil water canon dari Polda Jawa Tengah. Bahkan, nantinya wali kota Tegal Dedy Yon akan terjun langsung untuk melakukan penyemprotan dari udara melalui helikopter.

Penyemprotan disinfektan dengan helikopter dimulai dari lapangan Tegal setelah shalat Jumat tadi dan berakhir di Alun-alun kota Tegal. Helikopter yang sudah terbang tadi menyemprotkan disinfektan mengitari 4 kecamatan wilayah kota Tegal.

Kabar baik dari Kota Tegal semoga bisa menjadi contoh bagi wilayah lainnya untuk tetap taat menaati peraturan yang dibuat pemerintah. Semoga seluruh wilayah di tanah air dan di seluruh dunia dapat kembali pulih dan normal seperti sedia kala. Aamiin.

0