Ridwan Kamil Geleng-Geleng Kepala, Emak-Emak Dapat Bansos Malah Belanja Baju Baru

Rancah.com – Ridwan Kamil ungkap ke publik, bahwa dari hasil pemantauan dilapangna, banyak dari emak-emak yang malah menggunakan uang Bansos yang baru saja dicairkan pemerintah, untuk belanja baju baru untuk Lebaran. Padahal, Dana Bansos itu ditujukan untuk pembelian Sembako ditengah Pandemi Covid-19.

Ridwan kamil mengaku, tidak habis pikir atas kejadian tersebut.

Gubernur Jawa Barat yang akrap dipanggil Kang Emil itu, mengatakan bahwa ia mendapatkan laporan tersebut dari Walikota Bogor, Bima Arya.

“Tadi saya mendapatkan laporan dari Kang Bima Arya (Walikota Bogor), beliau melakukan sampling ke sebuah pasar. Dipanggil 10 ibu-ibu. Dari 10 orang ibu di sana, enam orang di antaranya penerima bansos yang membelanjakan dana sembako untuk dipakai beli kerudung dan baju,” kata Kang Emil dalam program Pulang Kampung Digital ke Bandung, Jumat (22/5/2020) malam.

Kang Emil menekankan, padahal seyogyanya uang bantuan sosial tersebut harusnya digunakan untuk bertahan hidup. “Padahal bansos untuk dana survival dana itu digunakan buat mengisi perut dan urgensi,” katanya melanjutkan.

Sikap warga tersebut, ujar Kang Emil, menandakan pekerjaan rumah bagi pemerintah masih panjang. Yakni membangun kesadaran warga. “Istilah cadasnya itu, kita fight economy and stupidity,” tutur Emil.