Viral Anggota Polisi Berpangkat AKBP Ikut Gali Kubur Pasien Corona di Sumsel, Begini Ceritanya

Rancah.com –  Seorang perwira polisi berpangkat AKBP menjadi perhatian publik setelah fotonya viral saat ikut menggali kubur untuk pasien Covid-19 yang meninggal. Dalam penuturannya, awalnya Perwira Polisi bernama AKBP Sonny itu, mengawal penggalian kubur untuk pasien Covid-19 sesuai Protokol, namun petugas gali kubur sepertinya sudah lelah, dan cuaca mendung. Takut keburu hujan, dan makam belum selesai di gali. Akhirnya ia spontan ikut membantu petugas gali kubur.

Sebuah videoberdurasi 41 detik, tampak ada polisi yang masih memakai seragam menggali kuburan. Polisi tersebut merupakan Kasat Sabhara Polrestabes Palembang AKBP Sonny.

AKBP Sonny  terlihat menggunakan masker dan kacamata serta sarung tangan saat menggali kubur. Sonny bercerita mengapa peristiwa di tempat pemakaman khusus PDP dan positif COVID-19 yang wafat di Gandus itu terjadi.

“Kejadian itu benar tadi pagi, saya awalnya melakukan pengawalan bersama anggota. Akan ada pemakaman sesuai standar dari protokol COVID-19,” kata Sonny.

Sonny mengatakan awalnya dia menunggu petugas penggali kubur selesai menggali dua lubang kubur. Namun cuaca mendung membuatnya khawatir proses pengerjaan lubang kubur tak selesai tepat waktu.

“Petugas saya lihat sudah kelelahan. Saat itu ada dua makam yang mau digali dan itu cuaca gelap, mendung seperti akan turun hujan,” katanya.

Sonny kemudian mengambil alat pelindung diri dari mobil patroli. Dia kemudian ikut membantu petugas penggali kubur untuk mempercepat proses penggalian.

“Itu seketika saja, spontan. Saya lihat para penggali sudah lelah, ada empat orang dan mau gali dua makam sekaligus,” katanya.