Pendamping Desa di Sumut Ditangkap Lantaran Hina Nabi Muhammad SAW

Ilustrasi Foto : Istockphoto/D-Keine

 

Dikutip dari laman CNN Indonesia (23/5/2020), seorang warga Bandar Pulau, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara bernama Gernal Lundu Nainggolan akhirnya diamankan jajaran Polres Simalungun, pada Jumat (22/5/2020) setelah dirinya diketahui mengunggah postingan yang menghina Nabi Muhammad SAW di Facebook miliknya.

 
Menurut Kapolres Simalungun AKBP, Agus Waluyo Gernal, mengatakan, jika Gernal yang berprofesi sebagai Pendamping Desa Bosar Maligas membuat unggahan di akun Facebook pribadinya dengan kalimat “Nabi Muhammad tukang sodomi. Apalah yg kalian banggakan dari si Muhammad si tukang main itu. Habib Bahar itu adalah Ustad Sampah Tikus”.

Para tokoh agama yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Agama Islam Kabupaten Simalungun, langsung mengadakan pertemuan di Balai Harungguan Kantor Camat Bandar setelah mengetahui postingan dari Gernal yang menuai amarah mereka.

 

“Gernal Lundu Nainggolan dibawa dan diamankan ke Polres Simalungun untuk dilakukan pemeriksaan atas laporan dugaan penistaan agama yang dilakukan di media sosial. Laporan pengaduannya diserahkan ke Polsek Perdagangan dan selanjutnya ke Polres Simalungun. Mendapat laporan itu, polisi mengamankan Gernal Lundu ke kantor polisi,” ujar Agus.

Dengan adanya kasus tersebut, diharapkan  masyarakat dapat lebih bijak dalam menggunakan teknologi seperti halnya media sosial. Agus menambahkan, jika pihaknya saat ini tengah mendalami kasus penistaan agama yang menjerat nama Gernal tersebut.

“Jangan jadikan media sosial sebagai bumerang bagi diri kita yang dapat merugikan kita dan merusak situasi kamtibmas menjelang Idufitri,” katanya.