Ungkapan Gubernur Jawa Barat Terhadap Ibu-ibu Yang Pakai Uang Bansos Untuk Beli Baju Baru

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil Foto : detik.com

 

Dikutip dari laman detik.com (23/5/2020), dalam program ‘Pulang Kampung Digital ke Bandung’ yang disiarkan secara live streaming pada Jumat (22/5/2020) malam ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil hanya geleng-geleng kepala saat dia mendengar ada sejumlah warga yang menggunakan uang bantuan sosial (bansos) untuk membeli baju baru.

 

Uang yang notabene digunakan untuk bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19 saat ini, malah digunakan warga untuk membeli baju baru.

 

Menanggapi pertanyaan dari Gabungan Artis dan Seniman Sunda (GASS) terkait masih adanya pusat perbelanjaan di Majalengka yang dipenuhi kerumunan warga, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengaku, jika dirinya membenarkan hal tersebut setelah mendapatkan laporan dari Wali Kota Bogor, Bima Arya.

 

“Tadi saya mendapatkan laporan dari Kang Bima Arya (Walikota Bogor), beliau melakukan sampling ke sebuah pasar. Dipanggil 10 ibu-ibu. Dari 10 orang ibu di sana, enam orang di antaranya penerima bansos yang membelanjakan dana sembako untuk dipakai beli kerudung dan baju,” kata Kang Emil.

 

Kang Emil menekankan, bahwa uang bantuan sosial (bansos) yang diberikan pemerintah untuk warga tersebut seyogyanya digunakan untuk bertahan hidup di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

 

“Padahal bansos untuk dana survival dana itu digunakan buat mengisi perut dan urgensi,” katanya.

 

Menurut Kang Emil, perilaku warga tersebut menandakan jika pemerintah harus lebih ekstra kerja keras lagi dalam hal membangun kesadaran warga.

 

“Istilah cerdasnya itu, kita fight economy and stupidity,” tutur Kang Emil.