Idham Azis Terpilih Jadi Kapolri, Ini Calon Kuat Kabareskrim

Rancah.com – Kepala Polri (Kapolri) terpilih Komisaris Jenderal Idham Azis mengatakan akan segera menunjuk penggantinya sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Markas Besar Polri.

“Dan sesaat nanti saya akan menunjuk Kabareskrim yang baru untuk segera mempercepat pengungkapan kasus Novel,” kata Idham setelah rapat Paripurna pengesahan dirinya sebagai Kapolri di DPR pada Kamis, 31 Oktober 2019.

Rencananya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik Idham pada Jumat, 1 November 2019.

Idham menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri. Sehingga kursi Kepala Bareskrim kosong.

Menurut beberapa sumber di kepolisian ada beberapa nama calon Kepala Bareskrim yang mulai terdengar.

Dua nama yang mencuat adalah Inspektur Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Inspektur Jenderal Gatot Eddy Pramono.

Listyo merupakan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri yang merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1991. Listyo pernah menjadi ajudan Presiden Joko Widodo pada 2014 dan Kepala Kepolisian Daerah Banten pada 2016. Pada 2018, ia menduduki posisi Kepala Propam Polri.

Sedangkan Gatot, merupakan Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya. Ia lulusan Akademi Kepolisian 1988. Selama di kepolisian, Gatot pernah menjadi Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Asisten Perencanaan dan Anggaran Kapolri.

Sumber: Tempo.co