Anies BAswedan Serahkan Seekor Sapi dengan Berat 1,3 Ton

sumber CNN Indonesia

Rancah.com –Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyerahkan satu ekor sapi kurban dengan berat 1,3 ton. Sapi tersebut diserahkan kepada panitia penerimaan hewan kurban setelah menunaikan ibadah salat Iduladha di Masjid Fatahillah, Balai Kota DKI Jakarta pada Jumat (31/07/20) pagi.

Dalam penyerahan hewan kurban tersebut, Anies menyampaikan rasa terima kasih kepada para panitia yang telah mempersiapkan perayaan Iduladha dengan baik sesuai dengan protokol kesehatan yang dihimbau pemerintah.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada para pengelola yang menjalankan persiapan perayaan Iduladha ini dengan mengikuti protokol kesehatan dengan baik, dan semoga kurban kita diterima oleh Allah SWT sekaligus menjadi manfaat,” kata Anies usai serah terima sapi kurban tersebut.

Mengutip dari laman CNN,Tak hanya Anies saja yang menyerahkan binatang kurban. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Riza Patria, juga turut hadir dalam acara serah terima sapi kurban tersebut. Riza sendiri menyerahkan sapi kurban seberat 1 ton.

Secara keseluruhan, jumlah hewan kurban dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berjumlah 160 ekor sapi dan 279 ekor kambing.  Sedangkan secara akumulatif jumlah hewan kurban yang dikurbankan yang berasal dari 5 wilayah administratif DKI Jakarta berjumlah 160 ekor sapi dan 279 ekor kambing.

Anies mengatakan bahwa pemotongan hewan kurban itu tidak akan dilaksanakan di Balai Kota seperti tahun sebelumnya. Rencananya pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan di rumah potong hewan (RPH) sesuai imbauan pemerintah untuk mencegah penularan penyakit akibat virus corona atau Covid-19.

“Pemotongan di RPH Darma Jaya, totalnya 160 sapi,” kata Anies.

Selain diserahkan ke RPH, hewan kurban dari pemprov juga akan dititipkan ke seperti badan amil zakat (Baznas) DKI Jakarta dan beberapa lembaga- lembaga zakat lainnya seperti aksi cepat tanggap (ACT), dan Rumah Zakat Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses penyembelihan dan juga pendistribusian hewan kurban yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat.

Berdasarkan informasi yang didapat,  jumlah hewan kurban yang di wilayah DKI Jakarta ada sekitar  800 ekor sapi. Semua hewan tersebut berasal dari para warga DKI Jakarta yang melakukan kurban di lebaran tahun ini.

 

0