Video Guru Ngaji Meninggal Saat Menyembelih Sapi Kurban Mendadak Viral di Media Sosial

Ilustrasi Foto : kompas.com

 

Sebuah unggahan video yang memperlihatkan seorang guru ngaji bernama Asmala (58) meninggal dunia saat menyembelih hewan kurban di Kampung Kasambilan, Desa Pontang, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Banten mendadak menjadi viral di media sosial. Diketahui, peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (31/7/2020) sekitar pukul 09.00 WIB, usai melaksanakan shalat Idul Adha.

 

Dikutip dari laman kompas.com, Sabtu (1/8/2020), video detik-detik Asmala terjatuh saat menyembelih seekor sapi beredar di media sosial dan menjadi viral. Bahkan, sapi yang hendak dipotongnya pun belum tuntas disembelih. Keburu Asmala terjatuh lemas dengan masih memegang golok di tangannya.

 

Menurut keterangan dari Kapolsek Pontang, AKP Sudibyo Wardoyo mengatakan, jika kejadian tersebut terjadi di depan majelis taklim Daar As Sabhil milik Asmala. Awalnya, warga setempat tak mengira jika Asmala akan meninggal dunia saat memotong hewan kurban. Pasalnya, tidak ada tanda-tanda kalau Asmala sedang sakit. Kendati demikian, korban memang mempunyai riwayat penyakit jantung.

 

“Memang setiap tahun Beliau selalu memotong hewan kurban. Tokoh agama di sini (Pontang). Tapi, tadi pagi, tiba-tiba korban terjatuh pas lagi menyembelih sapi,” ujar Sudibyo.

 

Ketika Asmala terjatuh, warga lainnya yang tengah menyaksikan berusaha menolongnya. Anak Asmala yakni Payubi (30), bahkan sempat memberikan napas buatan.

 

“Di lokasi juga sempat dikasih napas buatan sama anaknya. Pas dibawa ke puskesmas, Beliau sudah dinyatakan meninggal dunia,” kata Sudibyo.

 

Diketahui dari pihak keluarga, bahwa Asmala memang ada pembengkakan di area jantung, sehingga korban tidak boleh terlalu lelah.

 

“Keluarga menolak dilakukan otopsi, sehingga bada Jumat tadi sudah dikebumikan,” ujarnya.