Terapkan Sistem Satu Arah, Kawasan Anyer Macet Parah

Foto kemacetan Anyer (dok. CNN Indonesia)

Rancah.com – Aparat kepolisian menerapkan sistem satu arah atau one away di jalur wisata menuju kawasan Anyer, Banten. Satu hari usai perayaan Iduladha 1441 Hijriah, kepadatan kendaraan wisatawan mulai terlihat dari Jalan Lingkar Selatan (JLS) di Kota Cilegon hingga Pasar Anyer, Kabupaten Serang.

Melansir dari laman CNN, Kendaraan dari Jalan Lingkar Selatan ditarik masuk ke wilayah Anyer sejak pukul 10.00 WIB dan berlaku hingga satu jam atau pukul 11.00 WIB. Kendaraan dari arah Anyer, diberhentikan di depan hotel Mandalika, Anyer.

“Tadi kepadatan arus lalu lintas sampai JLS, karenanya kita tarik kendaraan untuk ke kawasan pantai,” kata Kasatlantas Polres Cilegon AKP Ali Rahman, melalui sambungan telepon, Sabtu (01/08/20).

Dia mengatakan sistem satu arah diberlakukan secara kondisional, tergantung kepadatan kendaraan yang akan masuk ke wilayah Anyer. Begitu pun sore nanti, saat kendaraan wisatawan keluar dari pantai, akan diberlakukan kembali sistem satu arah oleh pihak kepolisian.

“Pemberlakuan one way kondisional, terutama saat arus balik pengunjung nanti sore sampai malam,” jelasnya.

Sedangkan okupansi atau tingkat hunian kamar hotel di wilayah Anyer, terpantau penuh hingga saat ini. Salah satunya di Alissa Resort Anyer, dari 119 kamar yang disediakan, 50 persen sudah terisi penuh. Sedangkan sisanya, akan di jual bagi tamu yang berkunjung di hari yang berbeda.

Manager Alissa Resort Anyer mengatakan sistem penjualan setengah kamar di hari berbeda ini diberlakukan sebagai Standar Operasional Prosedur (SOP) Alissa Resort Anyer, untuk ikut serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19.

“Kunjungan wisatawan ramai. Hotel kami sejak kemarin terisi 50 persen, 50 persennya lagi di jual di hari yang berbeda. Kamar yang terisi tidak kami jual dulu, untuk disterilkan. Kami mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah covid-19. Alissa Resort ingin tamu nya sehat, aman dan nyaman,” kata Titi saat ditemui di kantornya pada Sabtu (01/08/20).

Seperti kita ketahui, semenjak pemberlakuan new normal atau normal baru beberapa tempat hiburan dan wisata mulai dibuka. Namun, meskipun sudah mulai diaktifkan kembali, pemerintah tetap mengimbau kepada masyarakat untuk selalu tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

 

0

0

0