Malam Ini, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang IV Akan Ditutup

prakerjaRancah.com – Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menyatakan pendaftaran gelombang IV ditutup hari ini, Rabu ( 12/08/20) pukul 24.00 WIB. Sejauh ini, jumlah pendaftar telah mencapai lebih dari 1,2 juta orang.

Mengutip laman CNN Indonesia, Head of Communications PMO Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengungkapkan calon peserta yang mendaftar kartu prakerja berasal dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Beberapa dari pendaftar merupakan yang diusulkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kuota penerima Kartu Prakerja gelombang IV adalah 800 ribu orang” ucap Lousia.

Louisa  menjelaskan bahwa PMO Program Kartu Prakerja akan memberikan informasi kepada mereka yang lolos menjadi peserta gelombang IV pada Minggu, 16 Agustus 2020. Informasi tersebut rencananya akan disampaikan lewat Short Messages Service (SMS).

“PMO Kartu Prakerja juga menyampaikan bahwa pendaftaran gelombang V akan dibuka pada hari Sabtu 15 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB” jelas Louisa.

Ia mengatakan untuk pendaftar yang belum lolos menjadi peserta di kartu prakerja tahap IV, bisa kembali daftar pada gelombang V nanti. Pemerintah berencana masih akan membuka pendaftaran kartu prakerja untuk tahap-tahap selanjutnya.

Diketahui, peserta kartu pekerja mendapatkan total manfaat senilai Rp3,55 juta dengan rincian sebagai berikut :

          Biaya pelatihan ditetapkan sebesar Rp1 juta per peserta

          Dana insentif sebesar Rp600 ribu per peserta per bulan selama empat bulan

          Dana Insentif survei sebesar Rp50 ribu per peserta per bulan selama tiga bulan setelah mengikuti kegiatan pelatihan.

Pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp20 triliun untuk Program Kartu Prakerja. Dana itu digunakan untuk biaya pelatihan bagi para peserta dengan besaran biaya sebanyak Rp5,6 triliun, dana insentif sebesar Rp13,45 triliun, dana survei Rp840 miliar, dan PMO Rp100 juta.

Dengan adanya program kartu prakerja, pemerintah berharap dapat membantu masyarakat yang benar-benar mengalami kesulitan dan terkena dampak dari pandemi virus corona.

Besar harapan kita semua tentunya semoga pandemi ini lekas berakhir dan semua kehidupan dapat berjalan sebagaimana mestinya. Aamiin.

 

 

0