Awal Mula Adanya Monas di Jakarta

rancah.com – Monas atau Monumen Nasional adalah hal yang sangat bersejarah bagi bangsa indonesia. Dan tentunya hal yang sangat bersejarah ini menjadi suatu hal yang paling diingat sama rakyat indonesia.

Tapi pernah gak lo muncul pertannyaan, bagaimana awal mulanya monas atau monumen nasional? kalo lo punya pertanyaan kayak gitu maka lo berada di artikel yang tepat. Karena gue akan membahas awal mulanya monas atau monumen nasional ini terbentuk.

Bahasan topik artikel ini terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu darimana idenya monas atau monumen nasional ini, kapan dirancangnya dan kapan mulai dibangunnya. Yaudah berikut bahasan topiknya yang gue udah cari dan rangkum, diantaranya

Pembangunan Monas di Jakarta Pusat

1. Ide Awal Monas (Monumen Nasional)

Awalnya ide dari pembuatan monas atau monumen nasional ini masih simpang siur. Tapi kalo menurut Adolf Heuken (Seorang Sejarawan Jakarta), Solichin Salam (Penulis Buku Tugu Nasional) dan Soedarsono (Seniman Indonesia) menyebutkan kalo penggagas monas (monumen nasional) adalah soekarno.

Jadi kita masih belum bisa untuk memastikan secara jelas tentang ide awal dari monas karena masih simpang siur.

2. Dirancang

Kapan Monumen Nasional mulai dirancang? Awalnya pada tanggal 17 agustus 1954, dibentuklah sebuah komite nasional dan pada tahun 1955, mulai dah tuh dibuat sebuah sayembara untuk perancangan monas (monumen nasional) tersebut.

Setelah diadakan sebuah sayembara perancangan, lalu pada tanggal 17 agustus 1961 mulai dah tuh dibangun. Pembangunan tugu monas ini memiliki luas sekitar 80 H. Pembuatan monumen nasional ini diarsiteki oleh Friedrich Silaban & R.M. Soedarsono.

3. Mulai Dibangun

Monas atau Monumen Nasional mulai di bangun pada tanggal 17 agustus 1961. Pada saat pembangunan itu adalah sebuah momen yang sangat bersejarah. Karena kita tau kalo monas atau monumen nasional itu sendiri adalah sebuah ikonik Ibukota Jakarta.

Dan namanya juga Monas atau Monumen Nasional. Monumen Nasional inilah yang membuat kita harus lebih miliki jiwa patriotisme dalam diri kita dan memiliki jiwa nasionalisme dalam diri kita juga,

Itulah awal mula adanya monas di indonesia. Semoga dengan artikel ini wawasan lo seputar sejarah monas dapat bertambah dan lo juga dapat mengetahui tentang semua ini.

Jangan lupa baca artikel gue yang sebelum dan sesudahnya di profil penulis Riczky Pratama. Bagikan juga ke teman-teman kalian yang membutuhkan. Mungkin segitu aja dari gue, sekian dan terima kasih.