Respons Ustadz Solmed Terkait Pernyataan Nia Ramadhani yang Panggil Tuhan dengan Sebutan ‘Elo’

Artis Nia Ramadhani. Foto : dream.co.id

 

Baru-baru ini, netizen dibuat heboh dengan pernyataan Nia Ramadhani yang menyebut Tuhan dengan panggilan ‘elo’ dalam tayangan Nyonya Boss. Hal inilah yang membuat Nia dianggap kurang beretika lantaran memanggil Tuhan dengan sebutan ‘elo’.

 

Seperti dikutip dari laman dream.co.id, Rabu (24/2/2021), menanggapi soal pernyataan Nia tersebut, Ustaz Solmed ikut bersuara. Dia mengatakan bahwa di dalam Alquran memang tidak ada dalil terkait hal tersebut.

 

Kalau itu ngak ada sih (dalil-dalil penyebutan Tuhan), lebih ke etika aja sih. Dan kalau memang merasa itu tanda keakraban, itu kan soal hati. Tetapi kalau bagian dari melecehehkan, semua kembali lagi kepada hati si penulis (pembicara),” kata ustaz Solmed.

 

Sementara itu, merespons soal kasus Nia, suami April Jasmine ini menganggap jika Nia memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Tuhan. Hal ini lantaran Nia memanggil Tuhan dengan sebutan ‘elo’.

 

“Wah itu ungkapan akrab. Dan biasanya orang berani bilang itu kepada seseorang yang umumnya sangat dekat. Ya mungkin Nia merasa sudah sangat dekat sama Allah,” katanya.

 

Di sisi lain, para netizen justru menganggap pandangan Nia kasar. Namun, Ustadz Solmed menyebut jika hal itu balik lagi terhadap masing-masing orang yang memandangnya. Dikarenakan, bahasa ‘elo, gue’ ini menurutnya menjadi bahasa sehari-sehari masyarakat.

 

“Tetapi kalau disebut bahasa itu kasar, saya juga pakai bahasa betawi kok. Dan bahasa yang umum dipakai orang betawi saat berinteraksi itu ‘Lo, gue’. Jadi, ya memang susah menyebut itu bentuk pelecehan. Kan rasanya berat, karena itu bahasa bakunya orang Betawi,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, Ustadz Solmed mengatakan bahwa kasus Nia Ramadhani ini bukan sebagai bentuk pelecehan terhadap Tuhan. Namun, hanya saja bentuk rasa cinta Nia terhadap sang pencipta.

 

Kan itu kembali lagi niat. Tetapi kalau diliat dari kalimatnya, itu benar-benar ingin ucapkan terima kasih. Bahwa dengan kejadian itu, Allah sudah memberikan informasi kepadanya bahwa dia tidak boleh sombong. Dan itu menunjukkan rasa terima kasih,” katanya.