Si Licik Yang Tobat, Yuk Belajar dari Bad Genius

rancah.com – Bad Genius (2017) adalah Sebuah film dari negara Thailand yang menceritakan seorang anak yang genius. Akan tetapi dengan kegeniusannya ini malah disalahgunakan untuk menyontek dan mendapatkan uang.

Ya, para siswa-siswa yang lain (Siswa yg Bodoh) akan membayar uang lebih untuk mendapatkan contekan dari siswa yang genius ini. Disinilah keseruan film ini, dengan kecerdikan dan adegan deg-degan pas nyontek menjadikan film ini seru dan menegangkan.

Nah, gue akan membahas film ini lebih lanjut di artikel ini seperti sinopsisnya dan pesan moral yang dapat diambil sama lo.

1. Sinopsis

Di awal cerita kalian akan berkanalan dengan tokoh utama bernama Lynn. Gue lupa siapa nama panjangnya karena pake bahasa Thailand hehe. Lynn ini pindah ke sekolahan yang lebih bagus.

Sebanarnya Lynn tidak ingin pindah karena buang-buang uang. Tapi karena Lynn adalah anak yang genius dan tentunya orang genius bakalan dihormati. Sekolah favorit itu akan membayar semua biaya sekolahnya (alias gratis) kecuali uang teh.

Jadi uang teh disini adalah kalo menurut Lynn, uang teh sama kayak uang biaya sekolah. Sedangkan menurut kepala sekolah, uang teh adalah uang pemeliharaan sekolah. Awalnya Lynn gak mau sekolah disana.

Tapi karena ayahnya siap membayar “uang teh” itu. Apa boleh buat Lynn ikut saja. Singkat cerita lynn bertemu dengan orang baru yang nantinya akan menjadi sahabatnya Lynn.

Orang baru itu bernama Grace. Nah, grace awalnya minta diajari oleh Lynn. Tapi pas ujian malah Grace masih bingung buat ngejawab soal. Karena Lynn dan Grace adalah sahabat.

Lynn diam-diam membuat contekan dan memberikan contekan itu pada Grace. Alhasil Grace mendapatkan nilai bagus. Nah, Grace melihat ini adalah sebuah kesempatan untuk Lynn membantu teman-teman yang lainnya.

Dan tentunya dengan bayaran uang. Lynn tertarik dengan hal itu dan membuka kursus piano (alias group penyontek). Tapi gara-gara Bank (orang cupu hehe) Lynn dan salah satu temannya dipanggil guru. Untung yang lain tidak (alias misi sukses) hehe.

Singkat cerita Lynn ingin membantu Grace dan Pacarnya ikut ujian STIC. Iya ujian international itu. Disinilah dramapun dimulai, banyak kejadian mulai dari Bank yang dipukuli orang sampai Bank bergabung untuk mensukseskan Misi Penyontekan ujian STIC.

Tapi sayang saat sesi ke 2, Bank ketahuan. Lynn juga hampir katahuan dan dengan kegeniusannya dia menjalankan misi sendirian tanpa bantuan Bank. Sampai akhirnya misi sukses. Bank dihukum dan Lynn tidak.

Oiya btw, Lynn sama Bank (dua orang genius ini) mengikuti ujian di Sydney karena itu adalah jam paling cepat diantara semua negara. Singkat cerita Bank mengajak Lynn untuk melakukan Operasi kecil dengan keuntungan yang besar dan resiko yang kecil.

Akan tetapi Lynn malah menolak, akhirnya Lynn di beritahu ke pihak STIC oleh Bank. Karena dia gak mau menerima tawarannya (Masih cupu juga ternyata hehe). Akhirnya walaupun Lynn sudah tobat, dia tetap dihukum dengan tidak boleh ikut ujian STIC lagi.

2. Pesan Moral

Pesan moralnya adalah walaupun kita tahu uang itu bisa buat memenuhi kebutuhan kita bukan berarti kita menghalalkan segala cara dan Sebanyak apapun kesalahanmu dimasa muda, jangan pernah ragu untuk bertobat.

Karena tobat itu ada di tangan lo sendiri, lo tinggal milih mau berubah apa mau melakukan hal yang sama. Walaupun tobat itu berat, bukan berarti lo ga bisa buat tobat.

Itulah ulasan tentang film Bad Genius tahun 2017. Semoga dengan membaca artikel ini, lo punya list tontonan untuk mengisi waktu luang lo dan mendapatkan makna dalam film itu sendiri.

Jangan lupa baca artikel dari gue yang sebelum dan sesudahnya di profil penulis Riczky Pratama. Bagikan juga artikel ini kepada teman-teman kalian yang suka menonton film. Segitu aja dari gue, jika ada pertanyaan atau request bisa bertanya di kolom komentar. Sekian dan terima kasih.