Lagi! Selebriti Korea Selatan Mengakhiri Hidupnya dengan Bunuh Diri

Korea Selatan adalah salah satu negara di dunia dengan angka kematian terbanyak akibat bunuh diri. Ditahun 2018 Korea Selatan berada di posisi ke empat dengan tingkat kematian bunuh diri terbanyak, ditahun berikutnya angka kematian bunuh diri semakin meningkat menurut data WHO (World Health Organization) dalam worldpopulationreview.com. Kebanyakan kasus bunuh diri di Korea Selatan diakibatkan karena depresi, depresi dalam hal pekerjaan, pendidikan, keluarga dan karir. Dibuktikan dengan jurnal Sains NCBI (National Center of Biotechnology Information) mencatat hampir 26 per 100 ribu populasi pada tahun 2018 bunuh diri yang disebabkan karena masalah kehidupan.

Rasion Bunuh Diri Dunia 2018 Sumber Gambar worldpopulationreview.com

(Sumber Gambar worldpopulationreview.com)

Kasus bunuh diri terbaru menimpa aktris cantik Oh In Ye yang berusia 36 tahun ditemukan tak sadarkan diri pada senin 14 September 2020 di kediamanya kawasan Incheon. Berikut ini beberapa selebriti Korea Selatan yang mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2020:

Kim Jonghyun SHINee 2017

Kim Jonghyun

(Sumber Foto Hipwee)

Kim Jonghyun atau lebih dikenal dengan Jonghyun SHINee lahir di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 8 April 1990. Jonghyun adalah member dari boyband Korea Selatan SHINee dibawah naungan SM Entertaimant, dia berperan sebagai leader dan vokalis utama di SHINee. Pada tanggal 18 Desember 2017 Jonghyun ditemukan tak sadarkan diri di apartemennya Cheongdam-dong pukul 18.00 KST. Jonghyun dinyatakan meninggal dunia di usia 27 tahun akibat keracunan karbon monoksida dikamar apartemennya. Penyebab Jonghyun bunuh diri diduga karena depresi yang dialaminya, sebelum mengakhiri hidupnya dia sempat memberi pesan terakhir ke kakak dan juga fansnya.

Lee Ui Soo 2017

Lee Ui Soo

(Sumber Foto Line Today)

Lee Ui Soo adalah seorang model dan Dj dari Esteem Modelling Agency (Agensi model dibawah naungan SM Entertainment) yang lahir pada tanggal 10 Juni 1995. Ui Soo dinyatakan meninggal dunia akibat bunuh diri pada tanggal 6 Oktober 2017 diusia yang masih terbilang muda 22 tahun. Tidak diketahui penyabab pasti mengapa Ui Soo melakukan bunuh diri, dugaan dari K-Nett karena depresi dengan karir modelingnya.

Jeon Tae Soo 2018

Jeon Tae Soo

(Sumber Foto KapanLagi.com)

Jeon Tae Soo adalah seorang aktor dibawah naungan agensi Haewadal Entertainment dan adik kandung dari aktris cantik ternama Korea Selatan Han Ji Won. Tae Soo lahir pada tanggal 4 Maret 1984 Boryeong, Korea Selatan. Dia Mulai terkenal berkat peranya di drama Korea Sungkyunkwan Scandal pada tahun 2010. 21 Januari 2018 Jeon Tae Soo dinyatakan meninggal dunia diusia 34 tahun, sebenarnya tidak diketahui pasti penyebab kematian Jeon Tae Soo pihak agensi tidak memberi pernyataan mengenai dugaan bunuh diri tetapi mengatakan bahwa Jeon Tae Soo mengalami depresi, pihak agensi meminta publik untuk tidak berspekulasi mengenai kematian Tae Soo tetapi K-Nett tetap menduga kematian Tae Soo diduga kuat karena bunuh diri akibat depresi yang dia alami.

 Jeon Mi Sun 2019

(Sumber Foto KpopChart)

Jeon Mi Sun 2019 lahir pada tanggal 7 Desember 1970 Seoul, Korea Selatan dan dinyatakan meninggal dunia pada tanggal 29 Juni 2019 diumur 48 tahun. Jeon Mi Sun berada di naungan agensi Lajel E&M sebagai aktris senior yang sering membintangi beberapa drama dan film populer sebagai peran pendukung. Min Sun ditemukan gantung diri di kamar hotel Jeonju, Jeolla Utara, Korea Selatan akibat depresi yang dialaminya.

Woo Hye Mi 2019

(Sumber Foto Uzone.id)

Woo Hye Mi atau dikenal dengan Woomi lahir pada tanggal 6 April 1988 sebagai penyanyi jebolan The Voice Of Korea 2012. Setelah The Voice Of Korea 2012 berakhir dibawah naungan agensi Downtown E&M Woomi aktif melakukan kegiatan solonya di tahun 2015 sampai dengan tahun 2019. Pihak agensi mencari Woomi di rumahnya setelah Woomi tidak berpartisipasi dalam rapat album terbarunya ditahun 2019, pada tanggal 21 September 2019 Woomi ditemukan meninggal dunia di kediamanya wilayah Mapo, Korea Selatan. Agensi tidak memberitahu penyebab kematian Woomi dan hanya meminta doa untuk mendiang Woomi tetapi pihak kepolisian memberitahu Woomi meninggal akibat bunuh diri.

Choi Jin-ri  (Sulli Ex F(x)) 2019

Choi Jin-ri

(Sumber Foto Diadona.id)

Choin Jin-ri atau Sulli ex F(x) adalah seorang penyanyi dan aktris yang terkenal di Korea Selatan. Sulli adalah member dari girlband F(x) besutan SM Entertaimant sebelum dia memutuskan untuk keluar dari girlband F(x) dan melakukan aktivitas solo karir sebagai artis maupun penyanyi. Sulli lahir di Busan, Korea Selatan pada tanggal 29 Maret 1994 dan memulai karirnya diusia yang sangat muda pada tahun 2005. Diusianya yang ke 25 tahun, Sulli dinyatakan meninggal dunia pada tanggal 14 Oktober 2019. Sulli ditemukan tewas gantung diri oleh manajernya dilantai 2 rumahnya pada puku 15.21 KST. Kematian Sulli sangat memilukan bagi industri K-Pop sepanjang tahun 2019 dikarenakan, dia mengalami depresi akibat hujatan yang sering dilontarkan K-Nett terhadapnya sehingga dia memutuskan untuk melakukan aksi bunuh diri.

Goo Ha-ra 2019

Goo Ha-ra

(Sumber Foto Blog Unik)

Goo Ha-ra adalah mantan member girlband generasi kedua KARA, Ha-ra bergabung pada girlband KARA pada tahun 2008, namun girlband KARA bubar ditahun 2016 dan Ha-ra memutuskan untuk melanjutkan karirnya dibawah naungan KeyEast Entertaimant sampai pada tahun 2019. Ha-ra melanjutkan karirnya di negara Jepang dibawah naungan agensi Production Oki. Ha-ra lahir di Gwanjung Korea Selatan pada tanggal 13 Januari 1991 dan meninggal dunia pada tanggal 24 November 2019 diusia 28 tahun. Ha-ra ditemukan meninggal dirumahnya kawasan Cheongnam, Seol pada pukul 18.00 KST, pada Mei tahun 2019 Ha-ra pernah melakukan percobaan bunuh diri akibat depresi yang dia derita. Ha-ra adalah sahabat dari mendiang Sulli, belum genap 1 bulan kepergian Sulli sang sahabat Ha-ra menyusulnya. Industri dunia K-Pop kembali berduka akibat kepergain Goo Ha-ra.

Lee Jae-ho (Cha In Ha) 2019

Cha In Ha

(Sumber Foto Salam Korea)

Lee Jae-ho atau lebih dikenal dengan nama panggung Cha In Ha, Cha In Ha adalah seorang aktor dan penyanyi asal Korea Selatan yang lahir pada tanggal 15 Juli 1992 dibawah naungan agensi Fantagio Entertaiment. Cha In Ha ditemukan meninggal dunia oleh manajernya dikediamannya pada tanggal 3 Desember 2019, tidak diketahui penyebab pasti meninggalnya Cha In Ha, pihak agensi membenarkan kematian aktornya tetapi meminta publik untuk tidak mengedarkan rumor mengenai kematian Cha In Ha demi menghormati mendiang keluarga.

Oh In Hye 2020

Oh In Hye

(Sumber Foto Tribunnews.com)

Oh In Hye merupakan artis Korea Selatan yang lahir pada tanggal 4 Januari 1984. Film pertama yang dibintangi Oh In Hye adalah Sin of a Family pada tahun 2011 dan beberapa drama yang dia bintangi. Oh In Hye dinyatakan meninggal dunia diusia 36 tahun pada tanggal 14 September 2020 setelah mendapatkan perawatan medis akibat percobaan bunuh diri yang dilakukan dirumahnya  Songdo, Incheon pukul 05.00 KST. Oh In Hye diduga sengaja mengakhiri hidupnya sendiri, tetapi pihak keluarga mengizinkan pihak kepolisian mengautopsi jenazah Oh In Hye untuk mengetahui penyebab kematian Oh In Hye. Menurut pernyataan Kantor Polisi Incheon Yeonsu dari seorang kenalan ditemukan memar-memar pada tubuh Oh In Hye dari hasil autopsi. Mengenai luka memar yang ditemukan pada tubuh jenazah Oh In Hye, Kantor Polisi Incheon Yeonsu menyatakan kecil kemungkinannya terjadi pembunuhan tetapi masih dalam tahap penyelidikan.

Itulah beberapa selebriti Korea Selatan yang mengakhiri hidupnya akibat depresi yang dialaminya, tekanan hidup yang mereka derita. Tekanan hidup dan depresi yang mereka alami membuktikan sisi kelam dari industri K-Pop yang dialami para selebriti Korea Selatan. Beberapa faktor penyebab seseorang melakukan bunuh diri karena gangguan jiwa misalnya depresi, penyalahgunaan obat, kondisi psikologi, budaya, kondisi keluarga dan masyarakat. Bunuh diri dapat dicegah dengan beberapa hal positif seperti berusaha melakukan hal-hal positif, membagi cerita pada orang-orang terdekat kita, melalukan pemeriksaan pada psikiater dan mendekatkan diri pada sang pencipta.