Pemeran Moon Sang Tae Ternyata Mengidap Penyakit Langka

Rancah.com – Drama It’s Okay Not Be Okay menjadi drama populer saat ini, drama yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan So Ye Ji, selain itu ada juga Aktor berusia 43 tahun ini mendapat banyak pujian dari berbagai pihak karena kemampuan aktingnya yang luar biasa saat memerankan tokoh Moon Sang Tae, seorang pria disabilitas. Dengan pengalamannya yang telah berakting sejak tahun 2000, Oh Jung Se mampu menyatu dengan Moon Sang Tae. Tak hanya ekspresi wajah, ia juga sangat mendetail dalam memerankan karakternya itu. Hingga gaya berjalan, gerakan tangan, serta suaranya.

Pada tahun 2001, ia mulai tampil dalam film layar pendek sebagai pemeran pendukung.

Namanya mulai dikenal publik usai ia tampil dalam film komedi romantis berjudul ‘How to Use Guys with Secret Tips’ pada tahun 2013. Meski termasuk sebagai aktor veteran, sayang Oh Jung Se baru mendapatkan penghargaan dari kariernya sebagai aktor pada tahun 2017. Pada tahun ini, ia berhasil membawa pulang Golden Acting Award lewat drama ‘Missing 9’.

Pada tahun 2018 Oh Jung Se diundang menjadi bintang tamu dalam acara radio “Park Sun Young’s Cine Town” yang disiarkan oleh SBS Power FM. Dalam kesempatan tersebut, ia membicarakan banyak kisah yang menarik. Salah satunya adalah tentang penyakit yang dideritanya, prosopagnosia. Ini adalah kelainan yang membuat penderitanya sulit mengenali wajah orang lain termasuk wajahnya sendiri.

Prosopagnosia disebabkan oleh kerusakan otak akut dan juga karena faktor keturunan. Selain itu, biasanya juga diakibatkan karena stroke yang terjadi di daerah yang sangat spesifik di perbatasan antara oksipital dan lobus temporal otak.

Keadaan ini biasanya diakibatkan oleh kerusakan otak akut, walaupun bukti terkini juga memperlihatkan adanya kemungkinan pengaruh faktor keturunan. Selain wajah orang lain, pengidap penyakit ini biasanya juga tidak bisa mengenali wajahnya sendiri saat berada di depan cermin. Untuk mengenali orang lain, mereka cenderung menggunakan cara dalam mengingat gaya rambut, suara, maupun pakaian yang digunakan Prosopagnosia pernah ditampilkan dalam drama Korea ‘The Beauty Inside’ dan ‘Rich Man, Poor Woman’.

Akibat prosopagnosia yang dideritanya, Oh Jung Se pernah tak mengenali wajah anaknya sendiri. Bukan hanya itu, ia juga kesulitan untuk mengenali selebritas terkenal.

“Kalau aku bertemu dengan kamu di jalan, aku enggak akan mengenali kamu. Itu bukan karena aku tak mengingat kamu, tapi karena aku tak bisa melihat dan mengidentifikasi wajah kamu. Karena hal ini, aku sering merasa kasihan pada orang-orang di sekitarku,” kata Oh Jung Se pada saat tampil dalam acara ‘Park Sun Young’s Cine Town’.

Saat ini Oh Jung Se juga membintangi drama The Good Detective, Oh Jung Se mendapat banyak pujian karena karakter berbeda dalam 2 drama dengan waktu yang bersamaan