Pertamina Bangun Kilang Minyak di Tengah Pandemi Corona

“Hingga saat ini pengerjaan proyek – proyek tersebut masih berjalan dan belum adanya revisi dari perseroan”, ujar Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina.

Pertamina sejak dari tahun kemarin terus bekerja keras untuk membangun kilang minyak berbentuk RDMP (Refinery Development Master Plan) dan berbentuk GRR (Gross Root Refinery). Kilang minyak RDMP terdiri atas RDMP Balongan, RDMP Dumai, RDMP Cilacap, dan RDMP Balikpapan, sedangkan kilang minyak GRR adalah GRR Tuban, dan GRR Bontang.

Tentunya kita sudah sering mendengar kata kilang minyak. Apakah anda mengetahui apa arti kata kilang minyak ? Yup, kilang minyak adalah tempat untuk mengolah minyak mentah menjadi produk yang dihasilkan untuk dapat dipakai sebagai bahan baku bagi industri petrokimia. Kilang minyak identik dengan pabrik atau tempat industri pengolahan minyak mentah.

Perlu diketahui bahwa minyak bumi yang diperoleh dari perut bumi tidak otomatis menjadi bahan bakar yang dapat digunakan. Minyak bumi tersebut diolah terlebih dahulu agar dapat dipergunakan dan dipakai oleh masyarakat yang membutuhkannya. Pengolahan minyak bumi mentah atau disebut juga crude oil dilakukan di kilang minyak. Kilang tidak hanya memproses minyak mentah, tetapi dapat juga digunakan untuk mengolah gas cair mentah atau crude gas.

Sampai saat ini pembangunan kilang minyak yang dilakukan oleh Pertamina tersebut terus berlangsung, walaupun di tengah – tengah pandemi corona. Kerja keras Pertamina ini patut kita apresiasi. Usaha dan keinginan yang kuat menyelesaikan kilang – kilang minyak yang ada di Tuban dan Bontang disertai penambahan kapasitas atas kilang minyak yang sudah ada di Balongan, Dumai, Cilacap dan Balikpapan, tentunya akan membuat Indonesia bebas dari impor bahan bakar minyak.