Ciri Orang Toxic yang Harus Kamu Hindari

Rancah.com – Pernahkah kamu mendengar apa itu toxic people? Apakah mereka beracun? Mengapa disebut toxic people? Jadii dari pada kamu salah mengira apa itu toxic people, adakah toxic people di dekatmu atau malah kamu sendiri yang merupakan toxic people. Ayo kita kenali yuk apa itu toxic people. Toxic people adalah orang yang menjadi beban untuk hidup kita, orang yang menghancurkan semangat hidup kita, dan malah justru membuat kita sibuk memikirkan dia. Iya mereka beracun, beracun untuk kehidupan kita dalam jangka waktu panjang. Makanya perlu kita kenali seperti apa sih toxic people, supaya kita tidak terjerumus terlalu jauh. Kita perlu selektif dalam memilih pergaulan. Seharusnya teman yang baik itu bisa memotivasi, membantu, mendukung kita. Bukan malah memberi dampak yang buruk dan malah menghancurkan hidup kita. Ini dia ciri-ciri toxic people yang harus kamu ketahui.

  1. Bermuka dua

Ciri toxic people yang pertama yaitu bermuka dua, orang seperti ini biasanya akan bersikap baik di depan kita, tapi di belakang dia akan menjelekkan kita. Tentu saja orang seperti ini sangat merugikan karena membuat image kita menjadi buruk.

  1. Perhitungan

Ciri selanjutnya adalah perhitungan, dia akan menghitung kebaikan yang sudah ia berikan kepada kita walaupun itu hal sepele. Baik itu materi maupun usaha yang pernah mereka berikan. Tak jarang juga ia akan meminta balas budi kepada kita.

  1. Tipe penjilat

Orang dengan tipe ini merupakan orang yang memiliki tujuan atau hidden agenda. Dia akan memanfaatkan kita demi keuntungannya dan yang lebih parah, dia akan meninggalkan kita saat tujuannya sudah tercapai. Tanpa kita sadari, orang seperti ini bisa menghancurkan hidup kita.

  1. Tukang pamer

Dia merupakan orang yang selalu memamerkan segala yang dia punya. Entah itu hasil kerjanya, penghasilannya, karyanya, kekayaannya, dan sebagainya. Justru orang seperti itu malah sebenarnya tidak punya apa-apa dibanding orang yang tidak pernah pamer. Padahal banyak sekali orang yang lebih kaya, lebih pintar, namun tidak memamerkannya. Jika kamu berteman dengan orang seperti ini, orang lain pun akan mengira kamu sama seperti dia.

  1. Suka menyalahkan / Blamming

Orang seperti ini biasanya tidak mau bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada dirinya. Dia selalu merasa benar atas apa yang dia lakukan. Dan di dalam anggapannya orang lain selalu salah sehingga dia akan selalu mengkritik orang lain.

  1. Suka membuat alasan

Selalu ada alasan yang dia ucapkan, dia merasa dia pintar dan selalu benar sehingga merasa tidak perlu melakukan apa pun.

  1. Playing victim

Tipe orang yang seperti ini merupakan orang yang tidak mau disalahkan atas apa yang ia lakukan walaupun itu salah. Dia akan selalu merasa bahwa dia adalah korban yang tidak patut disalahkan.

  1. Selalu mengeluh

Terkadang jika kamu mendengarkan keluh kesahnya malah keluhan tersebut jadi semakin banyak ia curahkan. Kamu perlu menjauhinya supaya dia bisa berpikir sejenak. Orang yang banyak mengeluh tidak pantas untuk kamu jadikan teman apalagi pasangan, karena dapat menghancurkan hidupmu. Hidupnya selalu dipenuhi rasa pesimis. Jika pesimisnya terlalu parah bisa jadi dia adalah orang yang pesimis kronis.

  1. Anda merasa harus memperbaiki orang ini

Orang ini sangat baperan, dia banyak memberikan beban kepadamu. Konsentrasimu pun akan terganggu karena terus-menerus memikirkannya. Mendengarkannya saja membuat kamu lelah dan energimu terasa terkuras. Dia datang dengan banyak masalah dan nasihatmu juga tidak ada yang pernah benar.

  1. Suka menyebarkan hal negatif

Hal positif pun terkadang ia pandang sebagai hal negatif. Tentunya sifat ini sangat tidak baik kan? Karena akan menambah kabar buruk dan hoax. Kamu perlu berhati-hati jika menemui orang yang seperti ini.

  1. Iri hati

Orang yang iri hati tidak suka jika melihat orang lain senang. Terkadang dia mencari cara untuk menghancurkan kesenangan tersebut. Padahal, sebagai teman yang baik seharusnya merasa senang saat melihat teman senang. Orang yang iri hati tidak pernah merasa cukup dalam dirinya.

  1. Berlebih-lebihan

Cerita yang dia sampaikan selalu dilebih-lebihkan. Orang yang harus kamu hindari juga yaitu drama queen. Drama queen lebih dari lebay, dia selalu mencari cara untuk menciptakan drama baik dalam hidupnya maupun orang lain. Tak jarang hal kecil pun dibesar-besarkan dan arah tendensinya berbohong sehingga menimbulkan fitnah.

  1. Narsis

Orang yang narsis adalah orang yang tidak pernah merasa salah, dia melihat bahwa dia lebih baik dari orang lain. Dia memiliki sifat egocentric dan krisis percaya diri. Dia merasa sangat stres saat ada orang yang lebih baik darinya.

Selektif itu sangat penting, toxic people tidak pantas untuk kamu jadikan teman, sahabat, apalagi pasangan hidup. Pelan-pelan jauhi jangan sampai kamu terpengaruh olehnya, kalau bisa kamu memperbaiki perilakunya supaya lebih baik. Teman bisa mempengaruhi diri kita. Jika kamu berteman dengan penjual parfum maka kamu akan tertular wanginya. Dan jika kamu berteman dengan penjual ikan kamu akan tertular amisnya. Sama halnya dengan toxic people, jika kamu berteman dengannya kamu juga akan tertular sikap toxicnya. Makanya jauhi orang-orang toxic, eliminasilah dari hidup kita. Masa depanmu bisa dilihat dari dengan siapa kamu bergaul hari ini. Seperti apa dirimu sekarang, bisa dilihat dari sepuluh orang yang berada di dekatmu. Jika mereka toxic, bisa jadi kamu juga toxic.